search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PSHT Denpasar Gelar Pondok Silat Ramadhan
Senin, 4 Juni 2018, 12:13 WITA Follow
image

beritabalicom

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Puluhan peserta dari kalangan pelajar dan umum mengikuti Pondok Silat Ramadhan (Ponsima) yang digelar Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Denpasar yang dipusatkan di Yayasan Al Ma'ruf Denpasar. Kegiatan berlangsung tiga hari mulai 1-3 Juni 2018, dan kali ini memasuki tahun kelima.
 
"PSHT Denpasar memiliki agenda tidak hanya membekali siswa dengan kemampuan fisik jasami namun juga kami ingin membekali mereka bagaimana mengelola batin," jelas Kabid Litbang PSHT Cabang Denpasar, Miftachur Rohman, di sela kegiatan Ponsima di Yayasan Alma'ruf Jalan Cargo Denpasar, Sabtu (2/6/2018) malam.
 
Ketua Pengurus PSHT Cabang Denpasar Sunarto, menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa membentuk nilai-nilai budi pekerti yang luhur sehingga para siswa bisa mengetahui benar dan salah.
 
"Yang diutamakan dalam ajaran PSHT ini adalah bagaimana membangun persaudarana diantara mereka, juga diharapkan ada keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani yakni dengan membentuk manusia berbudi luhur bisa mengetahui benar dan salah,"ujar SUnarto.
 
Ketua Panitia Ponsima, Agung Suryanto, mengungkapkan, Ponsima yang digelar di Yayasan Alma'ruf dirintis sejak 2013. 
 
"Awalnya dilakukan oleh komisariat, kemudian berkembang hingga dilaksanakan latihan bersama seluruh ranting di Cabang Denpasar,"jelasnya.
 
Pada kegiatan ini, selain latihan fisik dan jurus silat, peserta juga menjalani tradisi "Sambung" atau tarung diantara mereka. 
 
"Kami juga menanamkan nilai-nilai ke-eshaan (Setia Hati), tidak semata bela diri namun terpenting adalah persaudaraan," kata Sunarto.
 
Salah satu peserta Ponsima,  Riska Ayu Trinabila (15), yang kini duduk di bangku kelas 1 SMK Bali Dewata, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut yang menjadikan pengalaman batin tersendiri.
 
"Saya merasa lebih sehat dan bisa menambah pengalaman tambah saudara selama mengikuti Ponsima," ucap perempuan asal Banyuwangi Jawa Timur ini.[bbn/rls/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami