search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Api dari Tungku Diduga Hanguskan Dua Unit Motor di Tabanan
Minggu, 24 Juni 2018, 09:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Beritabali.com,Tabanan. Diduga bersumber dari api di tungku, dua unit sepeda motor dan satu mesin kompresor hangus terbakar di gudang milik I Made Wirata (55) sekitar 500  timur Kantor Kepala Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Sabtu malam (23/6). 
 
[pilihan-redaksi]
Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 19.00 Wita itu namun kerugian material yang diderita mencapai Rp 35 Juta. I Made Wirata pemilik rumah mengatakan ia baru mengetahui kejadian itu sekitar pukul 21.00. Karena dia baru saja selesai mengikuti latihan pencak silat di Tabanan. 
 
“Usai latihan saya melihat HP ada panggilan tak tejawab sebanyak 10 kali,” jelasnya. 
 
Ia kemudian curiga apa yang terjadi di rumahnya. Tanpa berlama-lama ia kemudian pulang ke rumah. Sesampai di rumah ia sudah mendapati  kerabat dan warga berkerumun dan mendapati puing puing gudang sekaligus dua unit sepeda motor dan satu unit mesin kompresornya ludes terbakar. Ia pun dengan tabah menerima kejadian itu sebagai musibah. “Saya anggap ini sebagai musibah,” jelasnya. 
 
Memang di saat kejadian rumah dalam  keadaan sepi. Ia pergi latihan pencak silat, sementara istri dan menantunya ke dokter, dan dua anaknya tidak berada di rumah. 
 
Sementara itu kejadian kebakaran itu pertama kali diketahui oleh salah satu warga di Banjar Bongan Pala sektiar pukul 17.00 Wita. Kejadian itu kemudian diinformasikan ke keluarga Made Wirata yang berada di Banjar Bongan Gede. Mengetahui ada kebakaran, kerabat dan warga Banjar Bongan Gede langsung menuju rumah I Made Wirata yang berjarak sekitar 2 kilometer dan berada sekitar 500 meter dari Kator Kepala Desa Bongan. 
 
[pilihan-redaksi2]
Api yang sudah membesar kemudian berusaha dipadamkan dengan menggunakan alat seadanya dan mengambil air di sumur yang berada di dalam rumah. Api berangsur berhasil dipadamkan, dan dua unit mobil pemadam kebakaran Tabanan tiba di lokasi. Api kemudian berhasil dipadamkan 30 menit kemudian. 
 
Dua unit sepeda motor yakni Vespa DK 4163 GL dan Honda C 70 DK 5376 KC hangus terbakar, Begitu juga satu unit mesin kompresor tak luput dari lalapan api. “Vespa ini sudah laku harga Rp 10 Juta, recananya besok diambil oleh pembeli,” jelas I Made Adya Pradipta salah satu anak I Made Wirata. Namun ia pasrah karena kejadian akhirnya Vespanya urung dijual. 
 
Sementara itu diduga api penyebab kebakaran berasal dari tungku dapur yang lupa dimatikan. “Biasanya ibu saya memasak bahan dagangan di tungku di gudang yang berdekatan dengan sepeda motor ini,” jelasnya. Bara api bekas masakan itu lupa dimatikan yang kemungkinan diterbangkan oleh angin dan tempat itu juga banyak ada kayu bakar serta serabut kelapa yang sudah mengering. (bbn/nod/rob) 
 

Reporter: bbn/nod



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami