search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Profesi Notaris Marak, Perlu Pemahaman Kode Etik
Jumat, 21 September 2018, 23:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com,Badung. Dengan semakin banyaknya profesi notaris yang ada di Bali saat ini, maka sangat perlu ada pemahaman dan kesepahaman bagaimana melakukan kode etik notaris dengan benar terkait tugasnya dalam melayani dan melindungi kepentingan masyarakat.
 
[pilihan-redaksi]
Hal itu disampaikan Sekretaris Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Bali, I Wayan Muntra, Jumat (21/9) di Badung. Untuk itu, terkait penegakan kode etik notaris, menurutnya harus disosialisasikan ke setiap anggota Ikatan Notaris (INI) Bali khususnya.
 
"Kami mengamati dalam penegakan kode etik, notaris tersebut perlu terus dilakukan sosialisasi, terutama oleh dewan kehormatan pusat sampai pada dewan kehormatan daerah," ujarnya.
 
Maka dari itu terkait dengan hal tersebut pengurus INI wilayah Bali, melaksanakan sosialisasi peraturan dewan kehormatan pusat-INI dan penyegaran pembekalan pengetahuan kenotarisan di bulan ini. "Saat ini kami pengurus wilayah INI Bali telah laksanakan acara pembekalan, dan juga penyegaran ilmu pengetahuan terkait kenotarisan. Itu dilakukan dalam rangka pelaksanaan program, dari dewan kehormatan pusat juga,"ucapnya.
 
Dirinya berharap sembari mengingatkan kembali bagi notaris di seluruh Bali dalam mengemban jabatan sebagai notaris. Disamping penegakan keundang-udangan jabatan, tentu harus tetap memperhatikan kode etik tersebut dengan baik.
 
Dalam kesempatan yang sama, Dewan Kehormatan Pusat INI, Arry Supratno mengatakan pihaknya ingin memantapkan dan membangun  kepercayaan publik pada notaris. Sehingga, menurutnya perlunya peraturan terutama bagaimana mendisiplinkan para anggota INI.
 
"Yang paling penting, bagaimana melakukan pembinaan kepada anggota. Agar, para anggota tetap taat akan asas, serta dapat lebih profesional lagi dalam menjalankan jabatannya sebagai notaris," katanya.
 
Untuk di Bali menurut Supratno, sangat istimewa, karena di Bali merupakan wajah Indonesia secara internasional. Karena, Bali memiliki kedudukan yang sangat istimewa dibanding dengan daerah-daerah lain.
 
[pilihan-redaksi2]
"Notaris di Bali memiliki kemampuan lebih, sangat luwes, dan sangat profesional. Bukan hanya notaris di Bali dipercaya oleh masyarakat Indonesia saja melainkan juga oleh masyarakat internasional sehingga kedepan  kode etik notaris sangat penting diperhatikan," cetusnya.
 
Dirinya berharap, kepada Notaris di Bali, benar-benar dapat melaksanakan tugas dan jabatanya dengan baik, mulai itu dari memiliki prinsif kehati-hatian. Jadi notaris harus mampu menempatkan diri, yang benar-benar tidak boleh memihak dengan salah satu pihak manapun. Notaris dalam hal ini, hanya berpihak kepada UU saja, selanjutnya notaris harus memberi pelayaan yang optimal, sedangkan yang terakhir. Notaris di Bali harus mampu memperhatikan kepentingan pihak-pihak yang dilayani, atau prinsif tanggung jawab dalam pembuatan akte harus selalu diperhatikan. (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami