search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pergeseran Pola Penyakit Terjadi Karena Gaya Hidup Masyarakat
Minggu, 25 November 2018, 08:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Pergeseran pola penyakit saat ini telah terjadi karena perubahan gaya hidup masyarakat sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan globalisasi
 
Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Bali, I Made Kerta Duana, SKM. MPH, mengatakan selain itu, tantangan juga muncul dari sisi determinan sosial kesehatan seperti kesenjangan sosial dan ekonomi, sanitasi yang buruk, disparitas fasilitas layanan kesehatan hingga menyangkut tenaga kesehatan.
 
"Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa sektor kesehatan merupakan elemen penting dalam pembangunan suatu bangsa. Kesehatan adalah aset untuk menggembangkan kualitas sumber daya manusia," jelasnya Sabtu,(24/11) di Renon, Denpasar.
 
 
Maka dari itu, lanjutnya, peran tenaga kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan di setiap lini pelayanan kesehatan untuk mengatasi masalah yang ada. Ia berharap tenaga kesehatan dapat bersinergi bersama dengan pemerintah, universitas, LSM terkait dan lintas sektor untuk mengatasi permasalahan kesehatan, menciptakan kualitas SDM yang baik, bersama-sama memberdayakan masyarakat, serta mengintegrasikan langkah-langkah untuk mewujudkan kesehatan masyarakat.
 
Ia juga mengungkapkan seperti IAKMI misalnya sebagai tempat bernaungnya para pegiat kesehatan masyarakat dan lulusan sarjana kesehatan masyarakat terus menjadi mitra kerja pemerintah, secara aktif memberikan masukan-masukan dan mendukung pelaksanaan kebijakan dan regulasi kesehatan. 
 
Duana menambahkan Pemerintah juga berjanji memaksimalkan peluang kerja untuk tenaga sarjana kesehatan masyarakat, mengingat pentingnya upaya kesehatan di bidang preventif dan promotif bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami