search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tiga Kali Gempa Tektonik Lokal Awali Erupsi Gunung Agung
Kamis, 14 Februari 2019, 10:46 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Beberapa jam sebelum Gunung Agung erupsi pada Kamis pagi (14/02) peralatatan seismik pos pemantauan Gunung Api Agung yang berada di kecamatan Rendang, Karangasem merekam sejumlah rentetan gempa dangkal.
 
[pilihan-redaksi]
Hal ini terungkap dalam laporan magmavar yang dirilis PVMBG dalam periode pengamatan hari Rabu (13/02) pukul 18.00 Wita sampai 24.00 Wita. Dimana dari sisi kegempaan terekam gempa Vulkanik Dalam sebanyak 1 Amplitudo 6-22 mm berdurasi 26 detik dan Gempa Tektonik Lokal sebanyak 3 kali amplitudo 6-22 mm durasi 22 -55 detik.
 
"Iya sebelum erupsi, malamnya sekitar pukul 22.00 wita terekam 3 kali gempa Tektonik Lokal dan 1 kali Vulkanik," kata Nurul Husaeni salah satu petugas pos pantau Gunung Api Agung Rendang ketika dikonfirmasi, Kamis (14/02).
 
[pilihan-redaksi2]
Selain itu, juga terjadi hembusan sebanyak 5 kali dengan Amplitudo 4-11 mm berdurasi 22-45 detik dan Gempa Tektonik Jauh sebanyak tiga kali dengan Amplitudo : 2-6 mm berdurasi 34-47 detik.
 
Status Gunung Agung saat ini masih berada di level III Siaga. Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung. (bbn/igs/rob)

Reporter: bbn/eng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami