search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bupati Suwirta Geram Masih Adanya Pedagang di Area Wantilan Jaba Pura Watu Klotok
Rabu, 20 Februari 2019, 20:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Beritabali.com, Klungkung. Saat memantau area Pura Watu Klotok tepatnya di area wantilan jaba pura betapa geramnya Bupati suwirta saat mendapat masih ada pedagang yang menggelar dagangannnya. 
 
[pilihan-redaksi]
Selain itu sampah plastik juga tampak berserakan tanpa terlihat ada petugas kebersihan yang bertugas. Padahal Bupati Suwirta mengaku telah menempatkan dua petugas kontrak tenaga kebersihan untuk area pura tersebut. Namun Hanya ada seorang pengempon pura yang menyapu ketika tahu kedatangan Bupati.
 
Atas kondisi tersebut Bupati kemudian menginterogasi para pedagang itu. Pedagang itu mengaku tidak tahu kalau ada larangan berjualan di area jaba pura. Namun beberapa pedagang mengaku menyetorkan uang sebesar Rp.5 ribu hingga Rp.10 ribu kepada seseorang yang mengaku sebagai pengempon pura untuk uang kebersihan. 
 
Tidak mau mendengar banyak alasan Bupati Suwirta langsung perintahkan seluruh pedagang untuk mengakat keluar dagangannya dan berjualan ditempat yang telah ditentukan. "Bapak sebagai orang bali mestinya malu berdagang di area pura, kalau bukan kita yang menjaga kesucian pura terus siapa?" ujar bupati suwirta kepada para pedagang yang selanjutnya memindahkan barang dagangannya.
 
Terhadap para petugas kebersihan yang kedapatan tidak ada yang bekerja, Bupati Suwirta akan segera mengambil tindakan dengan memberikan peringatan tertulis. Dirinya juga mendapat laporan dari pengempon pura yang kebetulan berjualan di sekitar pantai, bahwa petugas kebersihan jarang terlihat dan bekerja. 
 
[pilihan-redaksi2]
"Kita tengah berupaya menciptakan kenyamanan kepada seluruh pemedek yang akan melaksanakan mekiis atau melasti dari Pura Agung Besakih menuju Pura Watu Klotok ini, semoga para pedagang tertib dan menjaga kebersihan lingkungannya berjualan." ujarnya saat melakukan monitoring pantai dan area pura watu klotok Rabu ( 20/2). 
 
Kegiatan ini dilakukan guna memastikan infrastuktur telah siap untuk menyambut pemedek yang akan melaksanakan upacara melasti/mekiis rangkaian upacara Karya Panca Wali Krama di Pura Agung Besakih maret mendatang. Diketahui, area pantai yang sebelumnya tinggi dan tidak beraturan kini sudah tampak landai dan bahkan bisa untuk dilalui kendaraan. (bbn/humasklungkung/rob)

Reporter: Humas Klungkung



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami