search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BASAbali Wiki Dorong Pengenalan Bahasa Bali Lewat Penerjemahan Buku Cerita Bergambar
Senin, 25 Februari 2019, 12:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Sebuah platform website BASAbali Wiki menggelar acara penerjemahan buku cerita bergambar anak di website asia foundation, Minggu,(24/2) di Denpasar. 
 
[pilihan-redaksi]
Dalam kesempatan tersebut Tim Ahli Bahasa Bali Wiki yang juga Dosen Sastra Bali Fakultas Ilmu Budaya Unud, I Wayan Suardiana, menyampaikan, penerjemahan dongeng nasional ke bahasa Bali dilaksanakan agar bahasa Bali berkembang dalam artian di ranah yang modern. 
 
"Dalam bulan bahasa ada berbagai kegiatan, yang salah satunya mengembangkan bahasa Bali di dunia maya. Tujuannya untuk membuat kamus kosakata bahasa Bali di media maya," jelasnya.
 
Dilanjutkan, Bahasa Bali harus tetap berkembang tidak hanya manual Akan tetapi juga di dunia maya di jaman ini. "Dunia milenial sekarang lebih ke dunia maya, sehingga apa yang dilakukan saat ini setidaknya dapat lebih mendekatkan lagi bahasa Bali tersebut. Khususnya di generasi milenial muda Bali," ujarnya seraya menambahkan, adapun yang terlibat dalam acara tersebut antara lain, dari kalangan penggelut bahasa Bali, guru, dan penyuluh bahasa Bali.
 
[pilihan-redaksi]
Sementara, I Ketut Ngurah Sulibra yang juga Tim Ahli Bahasa Bali dan Dosen Sastra Bali di Fakultas Ilmu Budaya Unud menyampaikan, acara ini merupakan pengembangan bahasa Bali berdasar sastra Bali. Atau pengembangan secara tradisional. 
 
"Sekarang ada cerita luar Bali, baik secara setting, tempat, dan tokohnya tidak di Bali, kemudian diadopsi dengan bahasa Bali. Tokohnya asing, akan tetapi bahasanya mengunakan bahasa Bali. Itu dilakukan guna, menambah ketertarikan generasi muda Bali terhadap bahasa Bali tersebut," paparnya. 
 
Dikatakan, ada pengayaan kosakata juga guna menambah pembendaharaan kata nantinya. Dirinya optimis, kegiatan seperti ini merupakan salah satu cara dari cara-cara yang bisa ditempuh. Terutama dalam rangka menumbuhkan rasa kecintaan pada Bahasa Bali di kalangan generasi milenial Bali khususnya. (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami