search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kerap Erupsi, Warga di Luar Perkiraan Zona Bahaya Gunung Agung Masih Tergolong Aman
Jumat, 31 Mei 2019, 20:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Meski beberapa akhir ini erupsi Gunung Agung kerap terjadi bahkan disertai dengan lontaran lava pijar. Namun sejauh ini, belum ada pergerakan warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.
 
[pilihan-redaksi]
Situasi tersebut bukan dikarenakan warga sudah tidak takut lagi dengan ancaman erupsi, namun warga percaya dengan apa yang direkomendasikan oleh PVMBG yaitu zona bahaya terakumulasi di dalam radius 4 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung.
 
Kendati demikian dalam pengurangan resiko bencana, relawan Pasebaya Agung mempunyai cara tersendiri untuk memberikan rasa aman kepada warga khususnya yang bermukim di dekat rekomendasi radius zona bahaya.
 
Ketua Pasebaya, I Gede Pawana ketika ditanya soal perlukah warga diungsikan dengan situasi Gunung Agung saat ini mengatakan bahwa pihaknya tetap mengikuti rekomendasi dari PVMBG. 
 
Hanya saja relawan Pasebaya juga memiliki tugas dalam mengurangi resiko bencana sehingga dari Pasebaya sendiri memberikan himbauan kepada warga apabila merasa terancam agar segera bergeser ke tempat yang lebih aman.
 
[pilihan-redaksi2]
"Seperti dulu, kita juga sempat memberikan himbauan kepada warga apabila merasa terancam agar bergeser ke tempat yang lebih aman," kata Ketua Pasebaya, I Gede Pawana pada Jumat (31/05/2019).
 
Sementara itu, Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Dr. Devy Kamil Syahbana ketika ditanya hal serupa mengatakan, sejauh ini kalau berada di luar radius perkiraan zona bahaya yaitu 4 kilometer masih aman. 
 
"Kalau diluar radius 4 kilometer  saat ini masih aman," ujarnya dikonfirmasi via pesan whatsapp. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami