search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Idul Fitri, Warga Kampung Saren Jawa di Karangasem Gelar Tradisi Megibung
Rabu, 5 Juni 2019, 14:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Megibung atau makan bersama dalam satu wadah merupakan satu dari sekian banyak tradisi yang ada di Kabupaten Karangasem. 
 
[pilihan-redaksi]
Biasanya, tradisi megibung ini dilaksanakan ketika ada upacara adat seperti upacara pernikahan dan upacara pengabenan. Megibung juga identik dengan hidangan sate dan lawar yang dipergunkan sebagai lauknya. 
 
Khusus dihari raya Idul Fitri ini, warga Kampung Saren Jawa, Desa Budakeling, Bebandem, Karangasem rupanya juga menjalankan tradisi megibung yang berlangsung Rabu (05/06/2019) siang di Masjid Jami' Nurul Hayat. 
 
Juaini Bakri salah seorang Penghulu Kampung Saren Jawa ketika ditemui usai Megibung bersama ratusan warga lainnya  mengatakan bahwa, tradisi ini memang dilaksanakan secara turun temurun semenjak Muslim ada di kampung Saren ini.
 
"Tidak hanya Idul Fitri, setiap hari raya keagaman kami juga melaksanakan tradisi megibung ini," kata Juaini Bakri.
 
[pilihan-redaksi2]
Megibung versi warga Kampung Sarem ini hampir sama dengan tradisi megibung pada umumnya, bahkan untuk lauknya juga membuat sate dari daging sapi dengan bumbu genap ala sate Bali.
 
Hanya saja tidak ada hidangan lawarnya melainkan diganti dengan hidangan lainnya seperti Rendang dan Opor. Selain itu, proses memasaknya juga dilakukan di masing masing rumah warga, dimana setelah matang kemudian dibawa ke masjid yang nantinya akan dimakan bersama - sama.
 
"Makanannya dimasak dan dibawa dari rumah masing - masing, kemudian dibawa ke Masjid dengan harapan nantinya bisa dimakan bersama dan tidak harus makan yang dibawa sendiri karena ada unsur sodakohnya," imbuh Bakri. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami