search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Melihat Proses Pembuatan Garam Murni Yang Berkualitas Di Pantai Kusamba Bali
Kamis, 6 Juni 2019, 01:15 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Pantai Kusamba sendiri terletak di desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kab. Klungkung – Bali. Selain keindahan Pantainya, Di sana juga terdapat proses pembuatan garam tradisional yang menghasilkan garam organik bercita rasa tinggi, kualitas baik dan bercita rasa gurih. Proses pembuatan garam ini berlokasi di Br. Blatung, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kab. Klungkung – Bali.
 
Prosesnya di mulai dari meratakan pasir pantai, kemudian petani mengambil air laut, lalu disiramkan ke atas permukaan pasir. Proses ini diulang 3-4 kali penyiraman sampai mendapat air garam pertama, Menunggu pasir kering membutuhkan waktu 4 jam jika cuaca terik. Setelah itu pasir di bawa di sebuah gubuk. Pasir tersebut disirami air laut disaring lagi sampai 3-4 kali sehingga menghasilkan air garam murni. Proses ini dinamakan proses penyulingan. 
 
Air garam murni yang tadi yang sudah mengalami proses penyulingan tersebut di bawa di sebuah lapak-lapak yang terbuat dari batang pohon kelapa untuk di keringkan di bawah sinar matahari. Setelah mendapatkan panas matahari yang cukup, kemudian air menjadi mengkristal. Dan kristal inilah yang menjadi garam murni yang berkualitas tinggi, diambil dan dikeruk menggunakan tempurung kelapa sehingga menghasilkan butiran-butiran garam kecil yang siap dikonsumsi.

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami