search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
I Wayan Pengsong Perupa Asal Bali dengan Arsitektur Lombok
Senin, 1 Juli 2019, 12:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Lombok. Penghargaan terhadap pembuat karya sering dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Dari skala kecil hingga penghargaan nasional. Sayangnya di Nusa Tenggara Barat khususnya pulau Lombok tak banyak terdengar tentang bagaimana seseorang, sekelompok, atau instansi tertentu memberikan penghargaan khusus pada bidang seni. 
 
[pilihan-redaksi]
Untuk itu, komunitas gerakan gerilya kesenian Rumah Kucing Montong (eRKaeM)  menggelar eRKaeM Award 2019 Trubute to Pengsong. Berlangsung di Rumah Kucing Montong Kedaton, Maninting, Lombok Barat, Minggu (30/6), eRKaem memilih I Wayan Pengsong, seorang perupa sebagai seniman yang dianugrahi penghargaan eRKaeM Award  2019.
 
I Wayan Pengsong yang lahir 15 Desember 1943 ialah pelukis asal Bali yang tinggal di Lombok. Kecintaannya pada bumi Lombok itulah yang membuat karya-karya lukisnya memiliki hubungan erat dengan arsitektur Lombok yang unik. 
 
 
[pilihan-redaksi2]
I Wayan Pengsong lebih dikenal sebagai seniman impresionis dekoratif. Beberapa karyanya menjadi koleksi Galeri Nasional Indonesia sekaligus menjadi koleksi negara. Diantaranya lukisan cat minyak pada kanvas berjudul Panen, 80 ×100 sentimeter, 1991. Dan Pasar di Tepi Pantai, 103 ×135 sentimeter, 1983. I Wayan Pengsong meninggal pada Kamis, 11 Agustus 2016.
 
Program eRKaem Award 2019 Tribute to Pengsong dengan rangkaian kegiatan diantaranya pameran seni rupa, pentas musik, pembacaan puisi, pentas teater monolog, pemutaran video dokumenter, diskusi. Hingga acara puncak yaitu pemberian penghargaan kepada pihak keluarga dar I Wayan Pengsong. (bbn/lom/rob)

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami