search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Hari Raya Galungan, Harga Cabai Melesat Tembus Rp70 Ribu per Kilo
Jumat, 12 Juli 2019, 06:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Entah karena mendekati hari raya Galungan yang jatuh pada tanggal 24 Juli 2019 mendatang atau karena memang terpengaruh cuaca, harga cabai di pasar tradisional Karangasem alami lonjakan yang cukup signifikan.
 
[pilihan-redaksi]
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Timur Amlapura pada Kamis (11/7) pagi, hampir seluruhnya mengatakan harga cabai belakangan ini cukup melonjak. 
 
Untuk cabai biasa harga per kilonya mencapai Rp.65 ribu sampai Rp.70 ribu perkilonya. Lonjakan harga cabai diketahui mulai terjadi sekitar seminggu lalu dimana mulanya harga cabai dikisaran Rp.35 ribu sampai Rp.40 ribu per kilonya kemudian mulai merangkak naik dari harga Rp.50 ribu per kilonya hingga saat ini menjadi Rp. 65 ribu hingga Rp. 70 ribu per kilonya.
 
“Ya ada sekitar seminggu lalu harga cabai mulai alami kenaikan,” begitu kata Made Sukerti salah seorang pedagang bumbu masakan asal Karangasem yang sudah berjualan di pasar timur Amlapura sejak pertama kali beroperasi.
 
[pilihan-redaksi2]
Menurut Sukerti, dengan kondisi harga yang tak menentu tersebut dirinya tidak terlalu berani untuk membeli cabai dengan jumlah yang banyak untuk dijual, terkadang dirinya membeli hanya hitungan kilo saja itupun dari pedagang lainnya bukan langsung dari pengepulnya.
 
Di satu sisi harga cabai terus melesat naik, harga bumbu masakan lainnya seperti bawang putih dan bawang merah sampai saat ini belum mengalami peningkatan harga, harga perkilonya saat ini masih relatif stabil dan belum ada peningkatan berarti.
 
“Bawah Putih masih tetap Rp.30 ribuan per kilonya dan Bawang Merah kisaran Rp. 25 ribu tergantung kualitasnya,” tandasnya. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami