search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Peresmian Proyek Bantuan Jepang di Sembalun Lombok Timur
Selasa, 26 November 2019, 07:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Pada tanggal 23 November 2019, telah diselenggarakan upacara peresmian proyek bantuan Pemerintah Jepang “Proyek Pemulihan Akses Pasokan Air Bersih di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur”. 

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari pihak Jepang yaitu Konsul Jenderal Jepang di Denpasar Chiba Hirohisa dan SaitoMasaharu dari Peace Winds Japan (PWJ). Sedangkan dari pihak Indonesia yaitu Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB H. Abdul Hadi, Bupati Lombok Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lombok Timur Lalu Mulyadi, Camat Sembalun, Para Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Sembalun dan Direktur Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bambang Triyono. 

Proyek ini merupakan bantuan Pemerintah Jepang senilai 79.909.932 Yen atau sekitar 10 miliar Rupiah, dilaksanakan oleh LSM Jepang, Peace Winds Japan (PWJ) dan LSM Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Selama ini masyarakat di Desa Sajang dan Desa Timbagading, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat mengalami kekurangan air bersih karena kerusakan fasilitas penyediaan air akibat gempa bumi pada bulan Agustus 2018. 

Dalam proyek ini, selain dilaksanakan penyediaan air bersih secara darurat kepada masyarakat kedua desa tersebut dengan menggunakan kendaraan tangki air, telah dilaksanakan pembangunan sumur di Desa Timbagading dan pemasangan saluran pipa untuk menyalurkan air sampai ke Desa Sajang. Pelatihan manajemen kepada masyarakat setempat juga dilaksanakan agar proyek ini dapat berfungsi dan bermanfaat secara berkesinambungan.

Proyek ini diharapkan dapat membantu masyarakat setempat dalam mendapatkan air minum dan air bersih yang aman dalam rangka mendukung percepatan pemulihan pasca gempa bumi.

Reporter: Humas NTB



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami