search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hasil Survei: Mas Sumatri Unggul Mutlak di Karangasem
Rabu, 22 Januari 2020, 15:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Nasdem Karangasem mengumumkan hasil survei calon Bupati Pilkada Karangasem tahun 2020 yang telah dilakukan oleh Ganesha Consulting selama 5 hari pada 27 hingga 31 Oktober 2019 lalu.

[pilihan-redaksi]
Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa sampai saat ini elektabilitas I Gusti Ayu Mas Sumatri unggul mutlak diatas survei terhadap figur yang digadang - gadang akan maju dalam Pilkada Karangasem 2020 seperti nama I Wayan Arta Dipa, I Gede Dana, I Made Sukarena dan Nengah Sumardi. 

Dalam survei yang dilakukan, Ganesha Consulting memakai dua parameter yaitu survei elektabilitas dan survei pemetaan.

 Untuk survei elektabilitas, Ganesha Consulting melakukan survei terhadap 1.100 orang responden namun data yang dapat diolah sebanyak 1.092 responden dan Margin of error sebanyak 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Sedangkan survei pemetaan jumlah responsden 1.300 yang meliputi pemetaan di 78 desa dan kelurahan se Kabupaten Karangasem. 

Hasil survei menunjukkan, pada pertanyaan terbuka atau spontan tanpa pilihan nama calon bupati responden, nama Mas Sumatri memperoleh hasil sebesar 31 persen jauh diatas Gede Dana dimana hanya sebanyak 7.2 persen, Artha Dipa 1.6 persen, Sukarena 0.9 persen dan Sumardi hanya 0.4 persen.

Selain itu, pada pertanyaan tertutup sebanyak 6 nama, Mas Sumatri juga kembali unggul telak dengan hasil 60.9 persen, Gede Dana 18.8 persen, Artha Dipa 5.9 persen, Sumardi 5.5 persen, Purwa Arsana 1.5 persen dan Wayan Suyasa 1.3 persen.

Sementara 19.36 persen diantaranya tidak menjawab. 

Bahkan, dari 60.9 persen pemilih Mas Sumatri, dari hasil survei yang telah dilakukan, 8,7 persen diantaranya merasa sangat yakin untuk memilih sedangkan sisanya merasa yakin sebanyak 60.30 persen. 

I Gusti Putu Arta selaku Konsultan Politik dan pengurus DPP Partai Nasdem, Rabu (22/01/2019) mengungkapkan rilis terkait hasil survei ini baru dilakukan saat ini karena dinilai momentumnya paling tepat.

"Hasil survei ini awalnya adalah konsumsi internal kandidat I Gusti Ayu Mas Sumatri namun karena saat ini momennya tepat kita baru rilis sekarang," ujarnya dihadapan sejumlah awak media. 

Menurut Putu Arta, hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Ganesha Consulting sangat akurat. Karena lembaga survei inilah yang membantu pemenangan Masdipa pada Pilkada 2015 dengan mengadakan survei hingga lima kali dan hasil yang akurat.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami