search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Akibat Corona, Kebun Raya Bali Ditutup
Kamis, 19 Maret 2020, 22:55 WITA Follow
image

bbn/net

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Kebun Raya Eka Karya Bali di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan menutup kunjungan wisatawan. Kebijakan penutupan diberlakukan mulai tanggal 19-31 Maret 2020. Penutupan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus di Tabanan.


[pilihan-redaksi]
Manager Operasional Kebun Raya Bali Teguh Dwiyanto menjelaskan penutupan dilakukan merupakan intruksi langsung dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Kebijakan itu dilakukan untuk membantu pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus. 


“Jadi sesuai kesepakatan, Kebun Raya Bali ditutup dari tanggal 19-31 Maret,” ungkapnya, Kamis (19/3).


Pengumuman penutupan telah disampaikan lewat media sosial dan ditempel di depan pintu masuk Kebun Raya. Hanya aja ada sejumlah pengunjung yang datang karena belum mengetahui pengumuman. Namun telah diberitahu oleh petugas. 


“Petugas ada stand by di depan pintu masuk untuk memberitahu jika ada pengunjung yang datang,” tegasnya.


Meskipun Kebun Raya ditutup diakui Dwiyanto Kebun Raya tidak sampai kosong. Ada sejumlah petugas yang piket per hari 10 orang. Mereka ditugaskan untuk pembersihan menggunakan disinfektan dan perawatan kawasan. 


“Tujuan nanti ketika Kebun Raya Bali dibuka kembali suasana tetap nyaman, terawat dan terpelihara,” tuturnya.


Sementara itu menurut Teguh kunjungan normal per hari di Kebun Raya Bali mencapai 500-700 orang. Ketika weekend bisa saja mencapai 1.000-1.500 orang. Harga tiket masuk Kebun Raya untuk domestik Rp 9.000 per orang baik anak-anak maupun dewasa. Dan wisatawan asing Rp 17.000 per orang baik anak-anak dan dewasa


Dengan adanya penutupan sementara dipastikan berpengaruh pada pendapatan tiket masuk sekitar 60 persen sampai 70 persen. 
“Otomatis ada penurunan pendapatan namun kita tidak memikirkan itu. Lebih baik memikirkan dulu keselamatan semua orang,” ujarnya.


Untuk diketahui sesuai intruksi LIPI seluruh kebun raya yang dikelola diintruksikan tutup sementara. Selain Kebun Raya Bali, tiga Kebun Raya yang juga ditutup adalah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Purwodadi. 

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami