search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kementan Uji Coba Buat Pakan Ternak dari Limbah Pertanian di NTB
Senin, 3 Agustus 2020, 22:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) RI berencana akan membangun perusahaan pakan ternak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

[pilihan-redaksi]
Memanfaatkan sumber daya pakan yang melimpah, Kementan akan menguji coba pembuatan pakan ternak dari limbah pertanian. Karena diakui, sumber daya pakan dari limbah pertanian di NTB seperti jerami dan jagung jumlahnya melimpah pasca panen. 

Pada sektor peternakan, yang masih menjadi persoalan utama yakni ketersediaan pakan. Dan sejalan dengan apa yang saat ini diupayakan oleh Pemprov NTB, yakni penyediaan pakan ternak yang berkualitas.

"Ide ini sangat bagus," ujar Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, saat menerima silahturahmi Staf Ahli Kementan RI, Prof Dr Imam Mujahidin, di Pendopo Gubernur NTB, Minggu (2/8).

Gubernur menyarankan agar nantinya dilakukan uji coba di lima desa di NTB yang tentunya memiliki potensi sumberdaya pakan yang memadai.

"Alokasikan ke desa yang benar-benar memiliki potensi dan kelima desa ini akan menjadi contoh," ucap Gubernur, yang pada kesempatan ini didampingi Kadis Ketahanan Pangan, serta Kadis Pertanian dan Perkebunan.

Staf Ahli Kementan, Prof Dr Mujahidin sebelumnya menyampaikan bahwa dengan potensi yang dimiliki NTB maka pembangunan peternakan yang terintegrasi dengan sumber daya yang melimpah, akan membuahi hasil yang baik.

"Kita mau melakukan uji coba di beberapa titik di NTB," jelas Prof Mujahidin.

Reporter: Humas NTB



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami