search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
3 Cara Mudah Mengatasi Gerd Saat Bangun Tidur
Selasa, 19 Januari 2021, 17:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/3 Cara Mudah Mengatasi Gerd Saat Bangun Tidur

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Gerd alias penyakit asam lambung bisa membuat pagi Anda berantakan jika terjadi saat bangun tidur. Bagaimana cara mengatasinya?

Biasa terjadi pada malam hari, rasa tidak nyaman akibat asam lambung juga rentan menyerang saat pagi hari, terutama saat bangun tidur.

Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Arizona, Amerika Serikat, pada 2009, menemukan bahwa 48,7 persen peserta mengalami refluks asam dalam 20 menit pertama setelah bangun di pagi hari. Seluruh responden penelitian disebutkan memiliki riwayat gerd.

Gejala asam lambung yang paling umum adalah mulas. Gejala lainnya seperti rasa asam yang naik ke mulut atau tenggorokan, mual, nyeri dada, batuk kering, hingga makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditelan disertai dengan perasaan makanan menempel di kerongkongan.

Gerd saat pagi hari bisa dihindari dengan cara sederhana. Dikutip dari Healthline, berikut yang bisa dilakukan untuk menghindari gerd saat bangun tidur.

1. Tidur dengan tubuh Anda terangkat dari pinggang ke atas dengan meninggikan ujung tempat tidur setinggi 15 hingga 23 sentimeter.

2. Berhenti makan 3 jam sebelum tidur.

3. Jauhi makanan yang biasanya menyebabkan refluks asam, seperti kopi, coklat, bawang putih, bawang merah, dan mint.

Gerd pagi hari kemungkinan akan semakin berisiko terjadi jika mengalami obesitas, kebiasaan merokok, meminum alkohol, menderita hernia hiatus, juga sedang konsumsi obat yang melemahkan sfingter esofagus bagian bawah.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami