search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Strategi Koperasi di Gianyar Tekan Kredit Macet
Jumat, 22 Januari 2021, 23:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Di tengah Pandemi membuat berbagai lini usaha serta ekonomi masyarakat mengalami keterpurukan. 

Melihat situasi tersebut membuat salah satu Koperasi di Gianyar yang bernama Koperasi Serba Usaha Banjar Sampiang melakukan salah satu cara agar para anggota Koperasi tidak sampai melakukan gagal pembayaran kredit. 

Yaitu, dengan memberi kebijaksanaan dalam pembayaran kredit. Dengan cukup hanya membayar bunga pinjaman kreditnya saja. Menurut Penasehat Koperasi Serba Usaha Banjar Sampiang, Ida Bagus Nyoman Rai, Jumat (22/1) di Gianyar menurut dirinya langkah tersebut akhirnya bisa diterima dengan baik atau positif oleh para anggota koperasi di Koperasi Serba Usaha Banjar Sampiang pada khususnya.

"Di tengah pandemi di 2020 khusus kepada anggota atau peminjam di internal Koperasi hanya dibebankan bisa lancar membayar bunganya saja.Sedangkan pokoknya diberikan kemudahan untuk menunda pembayaran," sebutnya.

Langkah atau kebijakan tersebut akhirnya bisa diterima secara positif sampai saat ini oleh para anggota koperasi terutama peminjam.

"Sangat positif jika dilihat dari anggota khususnya dalam pembayaran kredit," sebutnya.

Jika dilihat dari jumlah kredit macet nilainya sangat kecil sampai saat ini. Hal tersebut disebabkan karena Koperasi  juga telah melakukan upaya-upaya persuasif atau pendekatan secara hak dan kewajiban oleh para pengurus secara intens dilakukan.

"Walaupun belum terjadi hasil yang maksimal akan tetapi, report dari penagihan oleh para prajuru tiap bulan dilakukan. Sehingga, kita tetap bisa menggukurnya. Jadi seandainya ada yang bermasalah maka, setiap bulan pasti didatangi termasuk yang mulai ada ragu-ragu telah dilakukan pendekatan juga," paparnya.

Tentu hal tersebut dilakukan agar citra koperasi yang sudah baik tidak sampai terganggu. Koperasi merupakan usaha milik bersama dari kita untuk kita,  maka itu, kewajiban dari anggota dapat dilakukan secara konsekuen walaupun nilai rupiahnya kecil akan tetapi konsisten.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami