search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
8 Fitur Baru Aplikasi MyBlueBird 5, Pengembangannya Diklaim Tercepat
Kamis, 28 Januari 2021, 21:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Aplikasi MyBlueBird 5 resmi diluncurkan dengan beragam fitur terbaru untuk menyasar konsumen baru sekaligus memelihara konsumen lama serta mendongkrak pertumbuhan komunitas non tunai atau cashless society.

Paul Soegianto, Chief Strategy Officer PT Blue Bird Tbk mengatakan aplikasi terbaru ini merupakan pengembangan dari perusahaan untuk bertransformasi untuk memenuhi permintaan serta kebutuhan konsumen yang terus berubah. Menurutnya, pengembangan aplikasi terbaru dari Blue Bird ini lebih cepat dari perusahaan startup yang baru dalam tahapan pengembangan.

"Sangat jarang ada perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi secepat ini, bahkan ini mungkin pertama kalinya karena butuh waktu 6 bulan atau dalam kurun waktu mulai bulan Mei 2020 hingga diluncurkan saat ini," ungkapnya melalui daring di peluncuran Aplikasi MyBlueBird 5 di Depo Blue Bird Jimbaran, Kamis (28/1/2020).

Strategi ini menurutnya secara tidak langsung akan menarik konsumen baru terutama segmen baby boomers atau usia produktif saat ini sekaligus memelihara (maintain) konsumen lama untuk diangkat (lifting) dengan penyesuaian jenis layanan yang baru ini.

Sementara, Panca Wiadnyana selaku General Manager Area Bali-Lombok optimistis melalui aplikasi ini pertumbuhan transaksi non tunai akan bergerak cepat terutama dalam situasi pandemi covid-19 sangat membutuhkan layanan yang minim sentuhan atau low touch. Diakuinya pertumbuhan transaksi non tunai tahun lalu naik melampaui sebesar 30% dari target.

Sedangkan untuk tahun ini, ia menargetkan pertumbuhan sebanyak 40% hingga 60% dari target provinsi Bali yang hanya mematok 30% pertumbuhan transaksi non tunai. Hal ini bukan mustahil karena dalam seminggu di awal Januari ini, pihaknya membukukan pengguna aktif naik sebesar 54%, transaksi meningkat 141%, dan nilai transaksi naik 153%.

Bali disebut sebagai proyek percontohan (pilot project) aplikasi terbaru ini karena dinilai lebih siap baik dari segi infrastruktur pendukung dan SDM pengemudi yang sigap dengan penyesuaian teknologi. Hal ini diakui oleh Paulus Soegianto sendiri dimana Bali dianggap paling cepat menyerap perubahan atau kebijakan baru dari Blue Bird pusat.

Lalu apa saja sejumlah fitur di aplikasi MyBlueBird 5, berikut rinciannya:

1. Fitur Chat To Driver

Salah satu fitur yang telah ditunggu-tunggu, dimana MyBlueBird 5 telah dilengkapi dengan fitur Chat To Driver yang memungkinkan pemesan dapat melakukan chatting dengan pengemudi Bluebird Group. Fitur chat ini akan memudahkan komunikasi dengan pengemudi sehingga mampu menawarkan kenyamanan ekstra kepada para pengguna aplikasi MyBlueBird 5.

Sistem akan menginformasikan pelanggan bila pengemudi tidak dapat membalas pesan ketika sedang mengemudi. Fitur keamanan ekstra dimungkinkan dengan adanya teknologi GPS yang sudah tertanam di setiap armada Bluebird.

2. Fitur Fixed Price

Selain opsi pembayaran sesuai dengan argo, fitur Fixed Price memungkinkan pengguna MyBlueBird 5 untuk 

mendapatkan pilihan dalam melakukan pembayaran dengan harga pasti, dimana tarif perjalanan yang dibayarkan akan sama dengan nominal yang tertera pada aplikasi. Terlepas dari kondisi jalanan yang macet atau sedang jam sibuk, fitur Fixed Price menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan dengan skema harga pasti. 

3. Fitur Multi-Payment

Bluebird Group memberikan kebebasan lebih kepada para penggunanya dalam memilih metode pembayaran. Dengan fitur Multi-Payment, pengguna diberikan pilihan untuk melakukan pembayaran baik secara tunai maupun non-tunai mulai dari eVoucher Bluebird, kartu kredit, hingga eWallet rekanan dari Bluebird Group.

Beragamnya pilihan metode pembayaran non-tunai juga merupakan komitmen dari perusahaan dalam meminimalisirkan kontak dengan pengemudi, sehingga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra kepada seluruh pelanggan setia dari Bluebird Group. 

4. Fitur All-In-One Service

Dengan fitur All-In-One Service, sekarang pelanggan dapat memesan seluruh layanan Bluebird Group dalam satu aplikasi melalui MyBlueBird 5. Layanan cukup dengan satu akses, para pengguna dapat memilih jenis layanan yang diinginkan mulai dari layanan Bluebird, Silverbird, Goldenbird hingga BirdKirim.

5. Fitur Recorder

Sekarang dengan MyBlueBird 5, para pengguna yang khususnya memiliki rute rutin ditempuh setiap hari akan sangat terbantu dengan fitur Recorder. Melalui fitur ini, para pengguna tidak perlu lagi memasukkan detail dari titik jemput maupun tujuan karena cukup dengan satu sentuhan untuk melakukan pemesanan ulang dari perjalanan yang pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini guna menawarkan efisiensi serta kemudahan ekstra bagi para pelanggan. 

6. Fitur Predictable Pick Up Time

Fitur ini memberikan informasi kepada pengguna mengenai estimasi waktu jemput armada sesuai pada titik lokasi jemput yang telah ditentukan. Dengan fitur ini, para pelanggan setia akan mendapatkan kenyamanan ekstra dalam melakukan pengaturan waktu sebelum sampai ke tujuan dengan nyaman dan aman bersama Bluebird.  

7. Fitur Customizable Favorite Places

MyBlueBird 5 memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk bepergian ke tempat favorit atau yang sering dikunjungi, dimana fitur ini memungkinkan pengguna dalam menyimpan 20 alamat tempat favorit. Dalam menghadirkan fitur ini, Bluebird bekerja sama dengan Google guna memberikan kemudahan ekstra untuk pelanggan setia Bluebird bepergian ke rumah, kantor, ataupun lokasi lainnya yang sering dikunjungi.   

8. Fitur All New Design

Semua fitur-fitur terbaru ditampilkan dengan memperhatikan aspek ergonomis, paduan warna yang lebih nyaman dan jelas sehingga menghasilkan user interface yang lebih nyaman dan mudah kepada para pengguna saat menggunakan aplikasi MyBlueBird 5. 

Aplikasi MyBlueBird 5 kini telah tersedia secara gratis dan dapat diunduh melalui App Store untuk pengguna iPhone, Play Store untuk pengguna Android, serta Huawei AppGallery untuk pengguna Huawei.

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami