search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Vital, Peran Perusahaan Kargo Distribusi Produk UMKM ke Pasar Global
Minggu, 31 Januari 2021, 19:55 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Peran perusahaan kargo atau logistik sangat vital dalam membantu mendistribusikan dan menjembatani produk UMKM ke pasar internasional yang lebih luas.

Hal tersebut disampaikan Direktur Adhi Darma Cargo, Hendra Arimbawa belum lama ini. Ia mengungkapkan memang segmen pasar yang terbesar yang dilayani saat ini pihaknya adalah UMKM, dimana tercatat produk dari UMKM berkontribusi sebanyak 85% dari pengiriman barang ekspor ke luar negeri.

"Para UMKM di Bali sudah profesional dalam hal produk, namun karena sifatnya industri rumahan mereka belum mengetahui pengetahuan tentang tata cara ekspor atau legalitas ekspor, dan registrasi di Dinas Perdagangan. Jadi kami bantu fasilitasi," ungkapnya.

Dari sekian banyak item produk UMKM, ia menyebut tren ekspor saat ini lebih banyak kepada dekorasi rumah atau home decor dengan nuansa tropis baik itu untuk furnitur dan hasil kerajinan atau handycraft. Perusahaannya memang berkomitmen untuk menjaga keberadaan UMKM karena bisa berdampak nyata pada ekonomi lokal seperti komunitas banjar, atau usaha rumahan keluarga.

Hal ini juga didukung produk UMKM di Bali yang dinilai oleh pasar internasional memiliki kualitas dan prosesnya masih alami dengan tangan. Berbeda dibandingkan dengan produk industri seperti di China yang rata-rata sudah menggunakan mesin.

"Kita sangat support kualitas produk UMKM Indonesia khususnya Bali karena banyak keluarga terbantu," sebutnya. Terkait dengan jumlah kuantitas pengiriman untuk UMKM sendiri, Hendra menyebut volumenya tergantung jenis orderan yang dipesan konsumen, dimana ada yang memesan secara eceran (retail) dan juga grosir (wholesale).   

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami