search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pengembangan Ekonomi Digital Seiring Pemulihan Pariwisata Bali
Kamis, 4 Maret 2021, 18:05 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Bali sepatutnya melihat kesempatan di luar satu segmen ekonomi saja, akan lebih baik jika ekonomi digital atau Internet Economy bisa menjadi bagian integral beriringan dengan pemulihan sektor pariwisata yang selama ini menjadi primadona perekonomian.

Hal tersebut disampaikan Bagus selaku Space Lead di Kembali Innovation Hub usai membuka kegiatan 'Kembali Open House 2021' pada Kamis (4/3/2021) di Badung. Kegiatan ini juga, kata dia dimaksudkan untuk mendorong Bali ke arah perekonomian digital yang sehat dan berkelanjutan.

“Acara ini adalah salah satu flagship dari banyak kegiatan yang kami lakukan. Tema 'Tanpa Batas' adalah dasar dari buah pemikiran kami bahwa Bali sepatutnya melihat kesempatan di luar satu segmen ekonomi saja, akan lebih baik jika Internet Economy bisa menjadi bagian integral beriringan dengan pemulihan sektor pariwisata yang selama ini menjadi primadona perekonomian di Bali,” jelasnya. 

Acara yang diselenggarakan pada 4 – 7 Maret 2021 ini dimulai dari pukul 2 siang hingga jam 7 malam dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 di Kembali Innovation Hub.

“Untuk bertahan dalam keadaan ini dibutuhkan ekosistem digital yang kuat. Kami posisikan acara ini sebagai tempat untuk berbagi pengetahuan dengan berkolaborasi dalam komunitas yang terus berkembang untuk mencetak entrepreneur baru sehingga menambahkan kekuatan dan ketahanan ekonomi regional Bali di masa depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Diko selaku Program Officer di Kembali Innovation Hub menjelaskan dampak pandemi mengakibatkan kontraksi ekonomi yang begitu terasa di Bali, dimana 100.000 orang kehilangan pekerjaan yang memaksa 4.500 usaha kecil menengah gulung tikar dan 88% penurunan sektor pariwisata dari tahun sebelumnya. Untuk itu, dalam keadaan seperti ini Bali sangat membutuhkan satu ekosistem, tempat berkolaborasi dan belajar untuk meningkatkan kompetensi yang dapat membuka peluang – peluang baru untuk ketahanan ekonomi jangka panjang.

“Uniknya pada Digital Playbook yang dirilis Google pada Januari 2021, Indonesia mencatatkan perkembangan Internet Economy sebesar 11%, platform e-commerce dan media online menjadi dua pendorong utama pertumbuhan ini dan kami melihat ini sebagai momentum,” ungkapnya. 

Kembali Open House 2021 meliputi kegiatan open coworking day, kelas – kelas gratis, bursa kerja, hingga kompetisi permainan seluler online. 

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami