search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mata
Rabu, 17 Maret 2021, 10:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mata

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Empat dari lima kasus masalah kesehatan mata atau gangguan penglihatan sebenarnya dapat dicegah atau diperbaiki.

Penyebab utama kehilangan penglihatan dan kebutaan adalah katarak atau kebutuhan akan kacamata yang tidak terpenuhi.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada The Lancet Global Health, kedua masalah mata dapat diobati dengan intervensi yang murah dan hemat biaya, yakni dengan pemenuhan nutrisi.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata Anda, antara lain:

1. Jeruk

Jeruk dapat membantu melindungi mata Anda dari kerusakan. "Jeruk mengandung pigmen tumbuhan karotenoid yang dapat menghambat produksi peradangan di sel kita," kata ahli diet terdaftar Mia Syn, MS, RDN.

"Beberapa penelitian telah mengamati penurunan risiko degenerasi makula terkait usia dengan peningkatan asupan karotenoid," imbuhnya.

2. Paprika merah

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan vitamin C tinggi dengan penurunan risiko pembentukan katarak. Dalam hal ini, paprika merah adalah sumber vitamin C yang baik.

"Paprika merah adalah sumber vitamin C yang baik, serta antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko katarak," kata Syn. Faktanya menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu paprika merah besar mengandung 233 persen dari nilai harian vitamin C Anda.

3. Biji labu

Biji labu adalah sumber zinc yang baik di mana dapat membantu menunda perkembangan degenerasi makula terkait usia dan kehilangan penglihatan dengan mencegah kerusakan sel di retina.

Studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS) menemukan bahwa kombinasi beta-karoten, vitamin C dan E, zinc, dan tembaga menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

4. Sarden

Sarden adalah sumber asam lemak omega-3 DHA yang memiliki sifat anti-inflamasi penting untuk kesehatan retinal. "DHA adalah salah satu bentuk lemak omega-3 yang ditemukan terutama pada ikan," ujar Syn.

5. Ubi jalar

Obat tetes mata bukanlah satu-satunya cara untuk meredakan mata kering, sebab ubi jalar bisa membantu Anda. "Ubi jalar adalah sumber beta-karoten, antioksidan yang diubah tubuh kita menjadi vitamin A," kata Syn.

"Vitamin A adalah nutrisi yang membantu mencegah mata kering dan rabun senja," imbuhnya.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami