search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Tidak Sadar Jika Hamil, Wanita Ini Melahirkan di Pesawat
Kamis, 6 Mei 2021, 15:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Viral Tidak Sadar Jika Hamil, Wanita Ini Melahirkan di Pesawat

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Seorang wanita di Amerika Serikat tidak menyadari jika ia mengandung dan melahirkan saat berada di dalam pesawat menyeberangi Samudera Pasifik, untungnya ada dokter yang membantunya.

Menyadur 7News, Rabu (5/5/2021) Lavinia Mounga terbang dari Utah ke Honolulu pada 28 April, saat itu dia tidak menyadari jika sedang hamil dan harus melakukan persalinan.

Dale Glenn, seorang dokter dari Hawaii untungnya berada di dalam penerbangan Delta Airlines tersebut. Ia mengungkapkan jika mendapat panggilan mendesak.

"Sekitar setengah perjalanan, ada panggilan darurat, dan saya pernah mengalami ini sebelumnya dan biasanya mereka menanyakan apakah ada dokter di pesawat," kata Glenn.

“Panggilan ini tidak seperti biasanya dan cukup mendesak. Saya memberi tahu pramugari bahwa saya adalah seorang dokter dan dia berkata bahwa ada seorang wanita yang akan melahirkan, jadi saya bergegas untuk melihat apa yang dapat saya lakukan." papar Glenn.

Bukan hanya Glenn, di penerbangan tersebut juga terdapat dua orang yang bekerja di unit perawatan intensif neonatal yang akhirnya ikut membantu.

"Saya tidak tahu bagaimana seorang pasien begitu beruntung karena memiliki tiga perawat perawatan intensif neonatal dalam penerbangan yang sama ketika dia dalam persalinan darurat, tapi itulah situasi yang kami hadapi," kata Glenn.

"Hal yang hebat tentang ini adalah kerja tim. Semua orang bergabung bersama dan semua orang membantu." ungkap Glenn.

Glenn menambahkan jika ruang terbatas di dalam kabin pesawat membuat segalanya menjadi sulit, tetapi berkat kerja tim semua menjadi hebat.

"Pada dasarnya, Anda membutuhkan seseorang untuk menjaga ibu juga karena kami memiliki dua pasien, bukan hanya satu," katanya.

"Jadi seseorang harus membantu memotong tali pusatnya, seseorang harus membantu mengeluarkan plasenta, kita harus memeriksa tanda-tanda vital ibu.

"Sementara itu kami mencoba menyadarkan bayi, memastikan pernapasan bayi, menghangatkan bayi." jelas Glenn.

Dokter mengatakan karena pesawat tidak dilengkapi dengan peralatan untuk merawat bayi prematur, dia dan perawat harus berimprovisasi.

Untuk mengikat dan memotong tali pusar menggunakan tali sepatu, botol microwave digunakan untuk menjaga bayi tetap hangat dan jam tangan Apple digunakan untuk mengukur detak jantung bayi.

Begitu pesawat mendarat di Honolulu, Lavinia dan bayinya yang diberi nama Raymond segera dilarikan ke rumah sakit dan dalam keadaan "baik-baik saja", kata Glenn.

Viral di TikTok

Momen kelahiran Raymond juga terekam dalam video yang diunggah di TikTok oleh penumpang lain dan langsung viral.

Julia Hansen, yang berada dalam penerbangan tersebut, berbagi momen tangisan bayi yang baru lahir terdengar. Para penumpang juga terlihat bersorak sorai dan bertepuk tangan.

Saat mendarat, penumpang diminta untuk tetap duduk agar petugas medis naik ke pesawat dan segera menangani Lavinia.

Dalam video tersebut, yang telah ditonton lebih dari 11 juta kali, ibu baru tersebut kemudian terlihat dikawal dari penerbangan dengan kursi roda.

Dalam GoFundMe yang diluncurkan untuk mendukung Lavinia dan bayinya Raymond, saudara perempuannya mengungkapkan bahwa Lavinia bahkan tidak tahu bahwa jika dirinya hamil.

"Berkat video TikTok yang viral, dunia mengetahui bahwa saudara perempuan kami, Lavinia, memiliki bayi dalam penerbangan dari Salt Lake ke Hawaii," tulis saudari Lavina di laman GoFundMe.

"Adik kami tidak tahu jika dia hamil jadi dia sama terkejutnya dengan kita semua ketika keponakan kita lahir!" tulisnya.

Lavinia dan Raymond akan tinggal di Hawaii sampai bayi yang baru lahir cukup sehat untuk terbang kembali ke Utah.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami