search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Video Bendera Indonesia Dipakai Atlet Negara Lain
Senin, 11 Oktober 2021, 08:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Viral Video Bendera Indonesia Dipakai Atlet Negara Lain

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Momen bendera Indonesia dipakai oleh seorang atlet saat prosesi pengalungan medali viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @namakuzikri, Sabtu (9/10/2021) diperlihatkan momen saat seorang panitia acara meminjam bendera Merah Putih yang sedang diabawa oleh atlet Indonesia.

Pria tersebut lantas mengambil bendera Merah Putih dari punggung atlet Indonesia dan meminjamkannya pada seorang atlet dari negara lain.

Bendera dibalik

Saat dikalungkan di pundak atlet tersebut, bendera Merah Putih dibalik menjadi Putih Merah. Atlet tersebut diduga berasal dari Polandia, negara yang diketahui memiliki warna bendera berkebalikan dengan bendera Indonesia.

"Momen saat tim Polandia meminjam bendera Indonesia, lain kali bawa sendiri ya," bunyi keterangan dalam video tersebut.

Dalam kolom deskripsi video tersebut juga dijelaskan bahwa beberapa tahun lalu hal ini juga pernah terjadi pada atlet Indonesia.

Sprinter kebanggaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri juga sempat memakai bendera Polandia yang dibalik saat prosesi pengalungan medali.

"Kalau kaya gini jadi ingat sama kejadian Muhammad Zohri, sekarang gantian Polandia yang minjem haha #indahnyaberbagi. Sumber video @Semangat_Pemuda45," tulis akun tersebut.


Tanggapan warganet

Melihat video tersebut, para warganet lantas menuliskan beragam komentar. Mereka berdebat tentang kejadian tersebut.

Ada yang merasa tak suka dengan kejadian itu, namun ada juga warganet yang menilai peristiwa itu wajar sebagai wujud solidaritas dalam olahraga.

"Bukannya NKRI harga mati ya, tapi kok dipinjam sama asing? Serasa dilecehkan," komentar salah seorang warganet.

"Hanya Indonesia dan Polandia yang bisa bertukar-tukar bendera," sahut warganet lain.

"Indonesia juga pernah pinjam bendera negara lain pas lomba lari, gue lupa event apa," tulis salah satu warganet.

"Intinya saling tolong menolong ajalah kalau benderanya sama," ujar warganet lain.

"Nggak apa-apa respect aja ingat kejadian yang dialami Zohri," tulis salah seorang warganet.

"Akhirnya Indonesia balas budi juga," sahut warganet lain.

Zohri terpaksa pakai bendera Polandia

Seperti diketahui, keberhasilan Zohri merebut emas di ajang lari dunia di Tampere, Findlandia pada 2018 silam sempat diramaikan juga oleh perdebatan tentang bendera yang digunakan oleh atlet asal NTB itu usai menyabet juara.

Sebagian pihak menuding tim Indonesia kurang sigap, sehingga Lalu Muhammad Zohri terpaksa menggunakan bendera Polandia, yang memang mirip dengan bendera Indonesia. Tetapi sebagian lagi mengatakan bahwa bendera yang digunakan Lalu Muhammad Zohri memang bendera Indonesia.

"Yang masalah bendera ya, saya sudahi sajalah soalnya saya alhamdulillah sudah bisa berikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Zohri saat jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/7/2018).

Dalam ajang itu Lalu Muhammad Zohri merupakan atlet Indonesia pertama yang sukses menjadi juara dunia lari 100 meter meski untuk kategori U-20. Atlet berusia 18 tahun itu berhasil mengalahkan dua unggulan dari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, dengan catatan waktu 10,18 detik.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami