search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
2 KK di Karangasem Daftar Transmigrasi, Ini Alasannya
Rabu, 24 November 2021, 16:45 WITA Follow
image

beritabali/ist/2 KK di Karangasem Daftar Transmigrasi, Ini Alasannya.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem mencatat ada 2 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Karangasem mendaftarkan diri untuk mengikuti program Transmigrasi dari pemerintah. 

Kedua kepala keluarga tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Sidemen dan Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. Menurut Kadisnaker, I Nyoman Suadnya alasan warga tersebut ikut mendaftar program transmigrasi ingin mengubah nasib, karena di tempat tinggal mereka saat ini di samping kondisi ekonomi kurang mampu juga sama sekali tidak memiliki lahan untuk di garap.

"Ya ada dua KK yang mendaftar dari Sidemen 1 KK dan Selat 1 KK, alasan mereka ikut program transmigrasi karena ingin merubah nasib, selain itu disini mereka juga tidak memiliki lahan untuk di garap," ujar Suadnya kepada media ini, Rabu (24/11/2021).

Untuk program transmigrasi sendiri, dikatakan Suadnya Provinsi Bali mendapat jatah sebanyak 10 KK. Dari jatah tersebut akan dibagi kepada masing - masing Kabupaten di Bali yang ada warganya ingin mendaftar untuk mengikuti program tersebut. 

Sebelum diberangkatkan, pihak Disnaker sendiri biasanya melakukan survey terlebih dahulu ke lokasi tujuan program transmigrasi tersebut, tujuannya untuk memastikan bahwa daerah yang dituju cocok untuk ditinggali, setelah itu barulah pihak Disnaker mensosialisasikan kepada warga.

Meski demikian, Suadnya mengaku tidak mendorong warga untuk transmigrasi, sebisa mungkin mereka agar bisa tetap tinggal dengan cara memberikan program pelatihan - pelatihan keterampilan sehingga mereka bisa mencari pekerjaan atau membuat usaha sendiri.

"Kita tidak mendorong agar warga ikut program transmigrasi, kita bantu dengan program pelatihan pelatihan keterampilan yang ada di Disnaker," jelasnya.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami