search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Jenis Aroma Bunga Yang Bisa Menenangkan Pikiran
Sabtu, 22 Januari 2022, 19:10 WITA Follow
image

bbn/wowfakta.com/5 Jenis Aroma Bunga Yang Bisa Menenangkan Pikiran

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Saat sedang stress kadang menghirup sebuah aroma dapat meringankan stress tersebut. Aroma ini dapat berupa aroma bunga atau parfum yang enak. berikut ini sejumlah jenis bunga yang aromanya menenangkan. 

1. Bunga Mawar

Esens dari bunga mawar saat dihirup akan menimbulkan efek sedatif. Wangi yang tercipta dari mawar dapat membantu menenangkan pikiran. Pada jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice yang dikutip dari satuharapan.com disebutkan bahwa, aromaterapi mawar secara klinis dapat menurunkan gangguan kecemasan atau depresi secara umum, terutama pada perempuan pascamelahirkan.

2. Bunga Lavender

Jurnal Endurance (2018) seperti dikutip dari Greeners.co, menyebutkan lavender disebut memiliki efek sedatif (menenangkan) dan anti-neurodepresive. Aroma lavender mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat saraf dan otot-otot yang tegang.

3. Bunga Kenanga

Sebuah studi dalam jurnal ilmiah Phytotherapy Research membuktikan bahwa ekstrak bunga kenanga bisa menenangkan saraf-saraf otak sehingga tekanan darah menurun dan detak jantung menjadi stabil. Bagi yang memiliki penyakit hipertensi dan sedang dilanda stres, minyak esensial bunga ini bisa jadi solusinya.

4. Bunga Melati

Seorang professor dari Ruhr University, Hanns Hatt melakukan uji eksperimen pada sekelompok tikus dalam kandang dengan wewangian bunga melati.

Menurut Hanns efek tersebut sebenarnya dimunculkan oleh senyawa aktif Gamma Amino Butyric Acid (GABA) yang terdapat di otak mammalia. Dari ratusan jenis wewangian yang dicoba, wangi melati paling efektif meredakan ketegangan.

5. Bunga Chamomile
Bunga chamomile adalah tumbuhan semusim dari famili Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran.

Chamomile seringkali dikenal sebagai “tanaman dokter” karena bisa membantu pertumbuhan tanaman lain yang tumbuh di dekatnya, terutama yang menghasilkan minyak esensial (essential oil). Aroma yang menenangkan ini mampu mengurangi stres.

Itulah sejumlah jenis aroma bunga yang bisa menimbulkan ketenangan dengan efektif. Selian itu juga bisa aroma-aroma tersebut tergolong mudah ditemukan.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami