search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cegah Kanker Sejak Dini Dengan 5 Kebiasaan Sederhana Ini
Sabtu, 22 Januari 2022, 22:45 WITA Follow
image

bbn/suara.com/Cegah Kanker Sejak Dini Dengan 5 Kebiasaan Sederhana Ini

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Penyakit kanker adalah penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Gejalanya kerap kali diabaikan hingga penderita baru mendapatkan perawatn di stadium akhir. 

Oleh karena itu kita harus waspada sejak dini terkait kemungkinan terkena kanker. Berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang sederhana ini bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit berbahaya yang satu ini.

1. Tidur dengan kondisi ruangan yang gelap

Penelitian menunjukkan jika tubuh terlalu lama terpapar cahaya bisa meningkatkan resiko timbulnya bibit kanker ovarium dan kanker payudara pada wanita. Hal ini disebabkan karena cahaya bisa menekan produksi melatonin, zat yang dihasilkan otak untuk mengatur jam tidur alami kita. Kekurangan zat melatonin dapat memicu hormon-hormon yang akan meningkatkan resiko kanker.

2. Kurangi intensitas duduk

Mengutip dari artikel terbitan laman Reader's Digest, sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk mengalami peningkatan kemungkinan terjangkit kanker sebanyak 24%.

3. Perbanyak makan sayur brokoli, kol, sawi, dan kembang kol

Sayur-sayuran seperti kol, kembang kol, brokoli, dan bok choy tergabung dalam jenis sayuran curciferous. Mengonsumsi sayur-sayuran ini setidaknya seminggu sekali bisa menurunkan resiko terjangkit kanker ginjal.

4. Kurangi waktu menonton TV

Menonton TV ternyata tidak semenyenangkan yang kita duga. Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang menghabiskan waktunya lebih lama di depan TV mengalami peningkatan kemungkinan terjangkit kanker sebanyak 54%.

5. Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit

Bukan rahasia kalau sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik. Bahkan, hampir 90% asupan vitamin D dalam tubuh didapatkan dari sinar matahari. Penelitian menyebutkan bahwa vitamin D dapat mengurai sel-sel yang ada di dalam tubuh, mencegahnya menggumpal yang merupakan salah satu dari penyebab kanker itu sendiri.


Itulah sejumlah kebiasaan yang harus diperhatikan untuk melidungi diri dari resiko penyakit kanker. Tindakan diatas bisa dijadikan tindakan pencegahan kanker.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami