search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Universitas Oxford Jalin Sinergi di Bali Cetak SDM Kapal Pesiar
Selasa, 25 Januari 2022, 10:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Universitas Oxford Jalin Sinergi di Bali Cetak SDM Kapal Pesiar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

University of Oxford memperluas jaringan di Bali dengan menjalin kerja sama bersama Diamond International Hotel and Cruise Line Bali.

Kerja sama itu ditandai penandatanganan MoU program TeachCast with Oxford University oleh Mr. Brian Holiday dengan Executive Director Diamond International Hotel and Cruise Line Bali Agus Sunatha Putra, di kampus setempat, Kota Denpasar, Bali, Senin 24 Januari 2022.

Kerja sama itu diwujudkan melalui program TeachCast with Oxford Comprehensive Conversation English Learning yang bertujuan untuk meningkatkan skill siswa dalam hal komunikasi berbahasa Inggris. TeachCast with Oxford dilakukan secara virtual video conference dengan native speaker dari Amerika Serikat.

Kerja sama itu diharapkan dapat melahirkan tenaga kerja profesional sesuai kebutuhan dunia kerja di kapal pesiar. Penguasaan bahasa dipandang sangat penting bagi siswa. Mulai dari wawancara kerja, rapat, negosiasi, diskusi, dan lain sebagainya.

"Program pelatihan percakapan ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara aktif dalam komunikasi sehari-hari di luar negeri apalagi dalam pekerjaan mereka di bidang perhotelan dan pariwisata yang banyak berinteraksi dengan orang," ujar Brian.

Menurutnya, sejumlah lulusan dari Indonesia sudah memiliki kemampuan pemahaman bahasa Inggris yang baik namun perlu lebih ditingkatkan dalam hal percakapan. Brian menyampaikan, di Bali kerja sama dilakukan dengan dua kampus serta sejumlah daerah lain di Indonesia untuk membangun skill kemampuan berbahasa Inggris.

"Kami juga bekerja sama dengan pihak lembaga pendidikan di Surabaya, Malang, Bandung, Semarang, Pekalongan, Sorong dan lainnya selama 2 bulan ini, kami akan tour kerja sama, ada lebih dari 100 kampus di Indonesia," jelasnya.

Lanjut Brian, seiring dengan era globalisasi di Indonesia yang hampir terjadi dalam segala bidang, perlu dipersiapkan peserta didik untuk dapat menghadapi dunia kerja dan dunia usaha yang memerlukan banyak penyesuaian dan percaya diri dalam berbahasa Inggris.

"Kami memahami bahwa tantangan terbesar yang dialami dalam era globalisasi adalah adanya jurang komunikasi - ketidakmampuan berbicara dan mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris. Untuk itu, TeachCast with Oxford sebagai mitra pelatihan bahasa Inggris berbasis percakapan hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut," tuturnya.

[bbseparator}

Sementara itu, Executive Director Diamond International Hotel and Cruise Line Bali Agus Sunatha Putra menjelaskan TeachCast with Oxford merupakan program pelatihan jarak jauh (distance learning) dengan sesi pelatihan percakapan interaktif secara langsung.

"Dengan guru penutur asli dari Amerika yang bersertifikasi “TESOL" serta materi pelatihan bahasa Inggris dari salah satu universitas terbaik dunia, Oxford University Press," kata dia 

Adapun metode belajar yang digunakan adalah metode belajar alami seperti belajar bahasa ibu, dengan materi pelatihan yang sudah disusun secara sistematis dengan memahami kondisi peserta yang masih mengalami language barrier. 

Pelatihan ini juga disesuaikan pada masing-masing tingkatan dan sudah digunakan lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia yang kini bakal diterapkan di kampus yang berdiri sejak tahun 2016 itu. 

Pelatihan ini mempersiapkan calon penerus bangsa menjadi global citizen yang siap bersaing dalam perekonomian global. Kata dia, program ini sedang dipersiapkan segala itemnya dari Oxford nanti akan dimulai 2 minggu lagi. 

"Ada kerjasama denga oxford harapannya minimal seluruh mahasiwa lulusan memiliki rasa percaya diri dan komunikasi aktif dengan Bahasa Inggris karena tugas kami melatih, mensertifikasi dan menempatkan, agar lulusan match dengan pasar," tutupnya.

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami