search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Media Center untuk Jurnalis Lokal, Liput Sisi Lain MotoGP
Jumat, 11 Februari 2022, 11:40 WITA Follow
image

beritabali/ist/Media Center untuk Jurnalis Lokal, Liput Sisi Lain MotoGP.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Belajar dari pengalaman pada saat WSBK tahun 2021 lalu, selain media official yang bekerjasama dengan Dorna, tidak disediakan media center. 

Untuk liputan tes pra musim 11-13 Februari dan perhelatan utama MotoGP Maret nanti, Humas Polda NTB bersama dengan Pemda dan Kementerian Kominfo bakal menyediakan media centre khusus jurnalis. Media center ini akan didirikan di sekitar Sirkuit Mandalika, untuk mengambil sisi lain dari tes pramusim MotoGP.

"Belajar dari pengalaman yang tidak enak saat WSBK, kami akan sediakan fasilitas untuk para wartawan,” ucap Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artantq, saat media briefing dan pendataan wartawan Media Center Indonesia (MCI) di lapangan Bharadyaksa Mapolda NTB, Kamis (10/2).

Namun, Artanto menekankan kepada awak media untuk mengambil sisi lain (side event) dari tes pramusim MotoGP. Sebab, yang memiliki hak untuk meliput even balapan itu adalah pihak Dorna dengan media yang sudah ditunjuknya.

Nantinya, jurnalis bakal diberi stiker dan kartu pers khusus sebagai tanda pengenal dan akses masuk ke dalam sekitar areal sirkuit. Namun jurnalis dilarang untuk memasuki area paddock sirkuit.

Artanto mengatakan bahwa kehadiran Media Center ini menjadi sarana menfasilitasi media lokal di NTB. Sehingga untuk memperlancar kegiatan jurnalis maka harus memahami rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polda NTB. Hal ini sangat penting untuk ketahui media atau pers yang akan bertugas di Media Center Indonesia

Agar memahami jalur kendaraan dan penyekatan lalu lintas di beberapa titik. Dijelaskan akan ada 5 pintu koridor masuk di NTB, pelabuhan Bangsal, pelabuhan Lembar, pelabuhan Gili Mas kedatangan kapal besar, lapangan ex bandara Rembiga Mataram, bandara Bizam dan pelabuhan Kayangan.

"Masing-masing titik akan dijemput bus yang mengantar ke kawasan sirkuit Mandalika," jelas Artanto

Dari situ, bus akan mengantar ke parkir barat dan timur sesuai tiket. Komposisi kapasitas parkir di kawasan Mandalika terdiri dari  70 persen di sisi timur dan  30 persen barat.

Oleh sebab itu, kendaraan awak media akan dilabeli dengan stiker khusus hingga masuk parkir. 

"Saya sudah koordinasi dengan Satlantas," terangnya.

Ada 5 unit kendaraan yang disediakan untuk khusus menjemput awak media dari parkiran menuju media center Indonesia. 

Perwakilan dari Kemenkominfo RI, Yudimengatakan Menteri Kominfo RI, mendukung penuh MotoGP, terutama penyediaan infrastruktur.  Termasuk informasi dan komunikasi publik.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami