search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bali Dilanda Hujan Seharian, Ini Penyebabnya
Senin, 21 Februari 2022, 18:55 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bali Dilanda Hujan Seharian, Ini Penyebabnya.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Untuk saat ini wilayah Bali masih dalam periode musim penghujan. Labilitas Lokal kuat serta masa udara basah terjadi di lapisan permukaan hingga lapisan 700 mb (3.100 meter).

Disamping itu adanya pola belokan angin di sekitar wilayah Bali yang berkontribusi dalam proses pembentukan awan hujan. Selain itu, adanya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang berada di kuadran 3 yang turut serta berkontribusi dalam pembentukan awan hujan.

"Selama musim penghujan ini masih perlu diwaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat yang terjadi di sebagian besar wilayah Bali," jelas Prakirawan Cuaca Balai Besar Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III, I Wayan Wirata, Senin (21/2) di Badung.

Jika dilihat berdasarkan pantauan citra radar cuaca wilayah Bali pada dinihari tadi hingga hari ini terjadi hujan ringan - sedang di sebagian besar wilayah Bali.

"Berdasarkan permodelan cuaca hujan ringan - lebat masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Bali pada pagi hingga malam hari nanti dan kondisi tersebut masih berpotensi hingga esok hari," ujarnya.

Dirinya mengimbau, agar masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat/petir. 

"Agar selalu memperhatikan Informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem," pungkasnya.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami