search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gerakan Bersih Sampah Plastik di Pantai Padang Galak
Selasa, 22 Februari 2022, 09:05 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gerakan Bersih Sampah Plastik di Pantai Padang Galak.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kegiatan bertajuk “Geber Pasti Bali” atau Gerakan Bersih Sampah Plastik Bali, dilaksanakan di Pantai Padang Galak, Denpasar pada Senin, 21 Februari 2022.
 
Kegiatan ini diinisiasi KMHDI Bali bersama Forum Alumni KMHDI Bali serta Rumah Kebangsaan dan Kebinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022 yang jatuh diperingati setiap tanggal 21 Februari. 

Tujuannya, adalah mengajak masyarakat untuk Sadar bahwa sampah plastik merupakan ancaman bagi lingkungan jika tidak bijak dalam menggunakan plastik, Gerakan ini agar menjadikan bali bebas sampah plastik.

Puluhan peserta yang hadir dalam acara tersebut, membawa kantong – kantong sampah seusai memunguti sampah sepanjang Pesisir Pantai Padang Galak. Para peserta yang memunguti sampah juga mengingatkan warga agar membuang sampah pada tempatnya.

Masalah sampah haruslah menjadi fokus seluruh komponen masyarakat, mulai dari pemerintah hingga kita yang setiap harinya membuang sampah. Pengelolaan sampah yang benar dapat menjaga kelestarian lingkungan. Dengan begitu kesehatan masyarakat juga dapat terjaga.

Ketua PD KMHDI Bali, Putu Esa Purwita mengatakan bahwa acara tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengkampanyekan gerakan bersih sampah Plastik.

“Fokus kegiatan tahun ini adalah kampanye mengenai bersih sampah plastik, melaksanakan gerakan kebersihan untuk fasilitas umum dan pemerintahan, dalam rangka membantu masyarakat peduli Terhadap Lingkungan, serta menyadarkan seluruh komponen masyarakat bahwa lingkungan bukan benda mati yang tidak perlu di perhatikan,"  ujarnya.

Dia juga menambahkan "Geber Pasti" merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan KMHDI Bali yang beracuan pada Peraturan Presiden No. 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 Tentang Pembatasan timbulnya sampah plastik sekali pakai.

Pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar peduli lingkungan sehingga terciptanya lingkungan yang bersih di mulai dari lingkungan tempat tinggal masing - masing.

Gerakan Bersih Sampah Plastik dimulai sejak pukul 16.00 WITA ini telah berhasil mengumpulkan puluhan kantong plastik yang berisikan sampah plastik dari sepanjang pesisir pantai padang galak.

Sementara itu, salah satu peserta yang ikut berpartisipasi dalam gerakanini, Rio mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam gerakan Bersih Sampah Plastik Bali, Dirinya berharap dengan adanya satu gerakan kecil ini, Bali dapat selalu terjaga kebersihannya.

“Bali selalu bersih Sampah Plastik sehingga masyarakat bisa nyaman saat berkunjung," tutupnya.

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami