search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bukan Healing, Ini 8 Cara Tak Biasa untuk Hilangkan Stres
Kamis, 17 Maret 2022, 22:50 WITA Follow
image

bbn/qubisa.com/Bukan Healing, Ini 8 Cara Tak Biasa untuk Hilangkan Stres

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Stres dan perasaan penat merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat perkotaan. Jika dibiarkan, stres bisa menyebabkan burnout, depresi hingga memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Bagi beberapa orang, melakukan perjalanan bisa menjadi momentum healing atau memperbaiki suasana hati agar bisa jadi lebih baik. Tapi tentu saja, tak semua orang bisa mendapatkan akses 'healing' tersebut.

Dikutip dari News.com.au, berikut delapan cara aneh untuk mengurangi stres selain healing. Apa saja? Yuk simak daftarnya berikut!

1. Telanjang Kaki

Melepas sandal atau sepatu dan berjalan di tanah dengan kaki telanjang telah terbukti mampu mengurangi ketegangan dan stres. Penelitian dalam jurnal European Biology and Bioelectromagnetics mencatat, separuh subjek merasakan adanya perubahan positif setelah kaki mereka menyatu dengan bumi.

2. Sumpah Serapah 

Mengeluarkan sumpah serapah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat stres. Peneliti di Keele University Inggris menemukan bahwa menumpahkan kekesalan dapat meningkatkan psikologis.

Selain sumpah serapah, bernyanyi dan bermain musik juga dipercaya mampu mengurangi stres.

3.  Dibedong Seperti Bayi

Membungkus diri laiknya dibedong seperti bayi bagi orang dewasa tengah populer di Jepang. Mereka mengatakan bahwa membungkus tubuh dan membuat tubuh melengkung seperti posisi janin mampu membantu mengurangi stres.

4. Main Plastik Gelembung

Ada alasan mengapa kamu tidak dapat berhenti memecahkan plastik gelembung yang berbunyi plop, plop, plop. Hal tersebut terbukti dapat membuat kamu merasa tenang.

5. Meniup Balon

Meniup balon dapat membuat seseorang harus mengambil nafas dalam-dalam dan menjadi lebih terkendali. Ternyata, cara ini dapat memperlambat detak jantung dan membuat otot-otot lebih rileks.

6. Cium Aroma Pasangan

Kedengarannya menyeramkan tetapi sebuah penelitian di Kanada menemukan bahwa menyium aroma pasangan dapat mengurangi tingkat hormon stres, yaitu kortisol. Sementara itu, mengendus pakaian orang asing memiliki efek sebaliknya.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami