search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ketahui 4 Penyebab Umum Menstruasi Berkepanjangan
Rabu, 23 Maret 2022, 22:00 WITA Follow
image

bbn/sonora.id/Ketahui 4 Penyebab Umum Menstruasi Berkepanjangan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menstruasi berkepanjangan atau menorrhagia merupakan masalah kesehatan yang terjadi di beberapa perempuan. Penyebab menstruasi berkepanjangan sendiri tidak dapat diketahui secara pasti.

Namun begitu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya menstruasi berkepanjangan. Dikutip dari laman Bocah Indonesia, berikut ini beberapa penyebabnya!

1. Ketidakseimbangan Hormon

Salah satu penyebab menstruasi berkepanjangan adalah adanya ketidakseimbangan hormon. Kondisi hormon yang tidak seimbang, jaringan dinding rahim atau endometrium bisa meluruh berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan perdarahan berlebihan.

2. Gangguan Fungsi Ovarium

Gangguan fungsi ovarium bisa menyebabkan produksi hormon progesteron dan estrogen terganggu. Kedua hormon tersebut memiliki peranan penting dalam mengatur menstruasi.

3. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi di mana terdapat pertumbuhan jaringan pada lapisan rahim (endometrium) yang tumbuh bukan pada tempatnya atau di luar rahim. Seorang wanita yang didiagnosis endometriosis mengalami nyeri haid sebelum dan sesudah menstruasi yang disertai perdarahan lebih banyak.

4. Radang Panggul

Radang panggul bisa menyebabkan perdarahan yang berlebihan. Radang panggul adalah kondisi terjadinya infeksi sehingga mengakibatkan peradangan pada organ reproduksi wanita.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami