search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mengenal Masjid Nurul Huda Gelgel, Masjid Tertua di Bali
Jumat, 8 April 2022, 14:30 WITA Follow
image

bbn/balitoursclub.com/Mengenal Masjid Nurul Huda Gelgel, Masjid Tertua di Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bali selama ini dikenal sebagai daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Hindu. Tapi tahukah anda, jika agama Islam ternyata sudah lama hadir di provinsi Bali. 

Ini dibuktikan dengan adanya masjid Nurul Huda yang terletak di kampung muslim Gelgel, Klungkung, Bali. Dibangun pada abad 14, masjid ini menjadi masjid tertua di Bali.

Dari kota Denpasar, perjalanan menuju masjid tertua di pulau dewata ini memakan waktu sekitar satu jam. Masjid Nurul Huda berdiri megah di tengah-tengah Kampung Islam Gelgel yang berpenduduk seribu orang lebih.

Saat kita masuk halaman masjid, di sisi timur halaman masjid terdapat sebuah menara tua tegak menjulang setinggi 17 meter. Menurut Kepala Desa Kampung Islam Gelgel, Masjid Nurul Huda berdiri pada awal abad 14. Saat itu Bali dikuasai raja Kerajaan Gelgel yang bernama Dalem Ketut Ngulesir. 

Dalam catatan sejarah warga, usai menghadiri pertemuan raja-raja Nusantara di Majapahit di Jawa, Raja Gelgel kembali pulang ke Bali dengan dikawal 40 orang prajurit Majapahit. Setibanya di Gelgel Klungkung Bali, pengawal dari Kerajaan Majapahit yang saat itu sebagian besar sudah memeluk agama Islam kemudian menetap di Gelgel. 

"Mereka kemudian menyebarkan agama Islam tanpa paksaan atas seizin raja Gelgel. Juga mendirikan masjid yang menjadi cikal bakal kampung Islam di Gelgel,"papar Sahidin, Kepala Desa Kampung Islam Gelgel, dalam wawancara dengan beritabali.com, pada bulan Juni 2015.

Hingga kini Masjid Nurul Huda tetap terawat dengan baik dan menjadi kebanggan warga muslim setempat. Sementara hubungan antara warga muslim kampung Gelgel dan masyarakat Hindu sekitarnya juga berjalan rukun dan harmonis.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami