search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BPIP: Ini Alasan Ende Jadi Pusat Peringatan Hari Lahir Pancasila
Rabu, 1 Juni 2022, 14:45 WITA Follow
image

beritabali.com/suaramerdeka.com/BPIP: Ini Alasan Ende Jadi Pusat Peringatan Hari Lahir Pancasila

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 pada Rabu, 1 Juni 2022 dipusatkan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rupanya adalah alasan Ende ditunjuk sebagai pusat peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 yang berhubungan dengan presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Diketahui Soekarno merupakan pencetus Pancasila yang kini menjadi dasar negara Indonesia. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengungkapkan alasan mengapa Ende akhirnya menjadi pusat peringatan Hari Lahir Pancasila 2022.

Menurut Wakil Kepala BPIP Prof Hariyono ketika di Ende inilah, ada ruang bagi Bung Karno yang biasanya sangat sibuk mengkonsolidasikan perjuangan nasional, untuk merenungkan dasar-dasar negara yang kelak akan dia pimpin. Di Ende, Bung Karno sadar bahwa Indonesia itu bukan hanya Jawa.

Karena di Ende ini memiliki etnis dan agama yang beragam. Walaupun Bung Karno adalah pejuang dan tokoh dari kalangan Islam, tapi di Ende dia juga berdiskusi dengan tokoh-tokoh agama lain.

"Dari sinilah Ketuhanan menurut Bung Karno tak bisa dipersempit menjadi ketuhanan bagi agama tertentu," kata Prof Hariyono dikutip dari laman resmi BPIP Selasa, 31 Mei 2022.

Selain itu, menurut Prof Hariyono, masyarakat Ende memiliki kemandirian. Ini terbukti bahwa Ende baru bisa takluk dan dijajah oleh Belanda pada 1917.

Masyarakat Ende sangat mendukung toleransi. Meskipun, ada etnis dan agama yang berbeda, tetapi masyarakatnya saling berinteraksi.

"Bung Karno menilai Ende adalah miniaturnya Indonesia," kata Prof Hariyono.

Selain itu, Ende juga adalah wilayah yang mencerminkan kemaritiman. Oleh karena itu saat pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945, dikatakan bahwa Indonesia bukan hanya kelautan tetapi lautan yang ditaburi pulau-pulau.

Sehingga, negara kepulauan ini tak bisa disatukan jika tidak memiliki dasar negara yang berakar dari nilai-nilai masyarakat.

"Maka ketika di Ende, lima mutiara (sila Pancasila) sudah terlihat dan itulah peran Ende," kata Hariyono.

Menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, berbagai kegiatan dihelat untuk menyemarakkan peringatan tersebut

Di antaranya, Parade Kebangsaan pada 27-28 Mei 2022, Pameran Ekonomi Kreatif dan Pameran UMKM serta Pentas Seni Budaya pada 29-30 Mei dan Pembekalan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila pada 30 Mei.

Kemudian, Simposium Nasional dengan tema Pembumian dan Penggeloraan Pancasila serta Napak Tilas Penggalian dan Perumusan Pancasila pada 31 Mei 2022. Kemudian Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 serta Kunjungan ke Rumah Pengasingan Bung Karno pada 1 Juni 2022 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Ende. Kemudian Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan berbagai tempat di NTT.(sumber: suaramerdeka.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami