search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
87 Seniman Ubud Buat Lukisan Jumbo untuk G20, Ini Pesannya
Senin, 18 Juli 2022, 12:52 WITA Follow
image

beritabali/ist/87 Seniman Ubud Buat Lukisan Jumbo untuk G20, Ini Pesannya.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Sebanyak 87 Seniman asal Banjar Kutuh Kelod, Desa Petulu, Ubud yang tergabung dalam Kalisa Kutuh unjuk aksi. Mereka membuat 2 lukisan ukuran jumbo untuk dipamerkan di Museum Arma Ubud pada ajang G20.

Sekretaris Kelompok Seni Lukis Kalisa Kutuh, I Made Suweta, menyatakan dua lukisan yang digarap bersama-sama sesuai tema G20 recover, together, recover stronge (pemulihan bersama dan bersama kita kuat). 

Lukisan pertama berjudul Harmoni ukuran 10 meter x 2,8 meter. Lukisan kedua berjudul Flora Fauna ukuran 7 meter x 1,5 meter.  Dua lukisan dikerjakan sejak Maret 2022 secara giliran oleh 87 seniman yang semuanya warga Banjar Kutuh. 

“Dua lukisan ini ditarget tuntas bulan Oktober 2022 mendatang. Akan dipamerkan di Museum Arma Ubud, menyambut kunjungan delegasi G20,” ujar Sueta.

Lukisan Flora Fauna menggambarkan pesan damai ketika manusia mampu melestarikan alam semesta. Kemudian lukisan Harmoni, menyatukan perbedaan karakter, menahan ego, bersatu padu dengan semangat kerjasama mewujudkan cita-cita untuk melahirkan sebuah karya. 

Dikatakan makna yang ingin ingin sampaikan adalah mari belajar dari alam yang tidak pernah mempertentangkan perbedaan. 

“Justru perbedaan dijadikan sebuah keserasian dan keharmonisan,” jelasnya. 

Dia berharap lukisan ini bisa bermanfaat. "Sebagai pesan pelestarian alam serta perdamaian dunia," pinta guru seni di SMK 1 Mas Ubud itu.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami