search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dermaga Tanah Ampo akan Dikembalikan ke Pelabuhan Kapal Pesiar
Kamis, 27 Oktober 2022, 15:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/Dermaga Tanah Ampo akan Dikembalikan ke Pelabuhan Kapal Pesiar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Fungsi Dermaga Tanah Ampo, Manggis, Karangasem segera dikembalikan sebagai pelabuhan cruise atau pelabuhan penunjang pariwisata di Kabupaten Karangasem

Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Sesditjen Hubla, Lollan Andi Sutomo Panjaitan dalam kunjungannya ke Dermaga Tanah Ampo didampingi Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Arta Dipa dan KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Kamis (27/10/2022). 

"Iya betul, Kita berencana untuk mengembalikan ke awal sebagai mana sesuai dengan spesifikasi dan tujuan pembangunan pelabuhan ini, kita akan mengarah ke pariwisata," ujarnya.

Seperti yang diketahui, sesuai dengan rencana induk pelabuhan nasional, sejak Februari tahun 2021, pelabuhan yang dulunya dibangun untuk Kapal pesiar guna menunjang pariwisata di Karangasem itu statusnya dialihkan menjadi Pelabuhan Pengumpul yang melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah menengah, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antar Provinsi.

Namun demikian, Sutomo mengaku bahwa sejauh ini pihaknya masih melakukan evaluasi terkait dengan kondisi eksisting Dermaga Tanah Ampo, karena seperti yang disampikan oleh KSOP Padangbai bahwa terdapat sejumlah permasalahan di Dermaga Tanah Ampo salah satu diantaranya ialah adanya sedimentasi.

"Sementara yang sedimentasi masih dilaksankan study untuk mencari solusi yang tepat, itu hanya sebagin saja, sedangkan sisi lain Dermaga sudah bisa diberdayakan, yang masih bisa dioperasionalkan akan tetap dioperasionalkan. Intinya bagaimana kita operasionalkan Dermaga ini, sehingga aktivitas pelayaran dan pelabuhan ini bisa berjalan, demikian target kami," terang Sutomo. 

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Arta Dipa menyebutkan kedatangan Sesditjen Hubla ke Karangasem merupakan satu keberuntungan, ia berharap dengan kedatangan beliau bisa berdampak positif khususnya bagi Dermaga Tanah Ampo kedepannya. 

"Saya anggap kedatangan beliau ini  sebuah mukjizat, semoga apa yang kita mohonkan bisa diwujudkan. Kehadiran beliau saya yakin akan berdampak positif dan pasti akan ada jalan keluar untuk segala persoalan terkait Dermaga Tanah Ampo," harap Arta Dipa.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami