search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ribuan Umat Hindu Kota Mataram Melasti di Pantai Loang Baloq
Senin, 20 Maret 2023, 21:09 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ribuan Umat Hindu Kota Mataram Melasti di Pantai Loang Baloq.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Ribuan umat Hindu di Kota Mataram dan sekitarnya, mengikuti upacara Melasti di Pantai Loang Baloq, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, Minggu (19/3) sore. 

Tradisi Melasti menjadi rangkaian hari raya Nyepi tersebut mendapat pengawalan 130 personel dari Polresta Mataram, dan dihadiri Gubernur NTB, Dr  Zulkieflimansyah. 

Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Gubernur Zulkieflimansyah menyapa Umat Hindu pada kegiatan Upacara Melasti yang diselenggarakan Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi NTB. 

Kehadiran Gubernur yang akrab disapa Bang Zul tersebut disambut hangat Umat Hindu yang tengah melakukan berbagai kegiatan ibadah di Pantai Loang Baloq. Bang Zul menyampaikan rasa bahagianya dapat menyapa Umat Hindu yang tengah melakukan serangkaian kegiatan menyambut Hari Raya Nyepi 2023. Terlebih lagi, Upacara Melasti tahun ini merupakan yang pertama kalinya setelah tiga tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19.

"Senang sekali bisa hadir sore ini, time is really flying, teringat tiga tahun lalu juga turut hadir di acara ini sebelum adanya pandemi," ungkapnya.

Dalam momen tersebut, Bang Zul mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mensyukuri berbagai keadaan di dalam menjalani kehidupan. Karena di setiap peristiwa, pasti ada hikmah yang diperoleh.

Mewakili Pemerintah Provinsi NTB, Bang Zul kemudian mengucapkan selamat melaksanakan berbagai kegiatan menyambut Hari Raya Nyepi kepada seluruh Umat Hindu. Ia juga berharap keharmonisan dan kedamaian selalu menaungi daerah dan bangsa tercinta.

"Momentum sore ini saya kira tepat, untuk kita merenung, melakukan refleksi yang dalam, sehingga nanti kita memasuki Hari Raya Nyepi kita betul-betul menjadi manusia yang siap untuk membersihkan diri, berdamai dengan sesama manusia dan tentu saja berdamai dengan yang Maha Kuasa atas apa yang ada di kehidupan kita," pesan Zul. 

Polresta Mataram Polda NTB melaksanakan pengamanan selama Upacara Melasti berlangsung. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kasi Ter Kasrem 162/WB Kolonel Czi. I Gusti Putu Dwika, Kabag Ops Polres Mataram Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan SH MH, Danramil Ampenan/09 Kapten Inf Zainul Fahri, Kapolsek Ampenan AKP Faisal Apriadi SH, Ketua PHDI NTB Ida Made Santi Adnyana SH MH, Ketua IAHN Gede Puja Mataram Dr I Wayan Wiratha, Ketua PSN Korwil NTB Gusti Marjana peserta upacara Melasti sekitar 4.000 orang.

Kapolresta Mataram melalui Kabag Ops Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan SH MH menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan yang dimulai sejak pada pukul 14.00 Wita sudah mulai berkumpul dari 1500 pamedek umat Hindu di seluruh Provinsi NTB.

130 personel diturunkan  terdiri gabungan Polresta Mataram dan Polsek Ampenan. 

"Kita juga habis dengan ini akan kita laksanakan di Pura Mayura, pengarakan dan pengamanan," ungkapnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami