search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Virgin Galactic Sukses Bawa Turis Berbayar Pertama ke Luar Angkasa
Jumat, 30 Juni 2023, 13:09 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbc.com/Virgin Galactic Sukses Bawa Turis Berbayar Pertama ke Luar Angkasa

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Virgin Galactic berhasil menerbangkan penumpang pertamanya yang membayar ke luar angkasa pada Kamis (29/6).

Salah seorang penumpang, Perwira Angkatan Udara Italia mengibarkan bendera negara mereka dan mengintip ke luar jendela ke lengkungan Bumi sambil menikmati beberapa menit tanpa bobot di ketinggian 52,9 mil (85,1 kilometer) di atas permukaan laut.

Villadei bergabung di kabin oleh Letnan Kolonel Angelo Landolfi dari Angkatan Udara Italia, Pantaleone Carlucci dari Dewan Riset Nasional Italia, dan Colin Bennett dari Virgin Galactic.

"Itu adalah perjalanan yang indah," kata Kolonel Walter Villadei kepada wartawan pada konferensi pers, menambahkan bahwa momen favoritnya adalah melihat kontras antara hitamnya ruang angkasa dan planet-planet di bawahnya.

Misi yang dijuluki Galactic 01 dimulai ketika pesawat "induk" badan pesawat kembar lepas landas dari landasan pacu di Spaceport America, New Mexico, sekitar pukul 8:30 waktu setempat 

Pesawat pengangkut mencapai ketinggian tinggi, kemudian sekitar 40 menit kemudian melepaskan pesawat bertenaga roket, yang disebut VSS Unity, yang terbang ke luar angkasa dengan kecepatan hampir Mach 3.

Ada juga dua pilot di pesawat luar angkasa, dan dua di pesawat pengangkut. Unity kemudian meluncur kembali dengan selamat ke Bumi.

Penerbangan itu terjadi hampir dua tahun setelah pendiri Virgin Galactic, Richard Branson, terbang ke luar angkasa dalam uji terbang yang dimaksudkan untuk mengantarkan era baru pariwisata luar angkasa yang menguntungkan.

Tetapi upaya penerbangan luar angkasa berbayar kemudian menghadapi kemunduran, termasuk larangan terbang singkat oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA), yang menemukan penerbangan Branson menyimpang dari wilayah udara yang ditugaskan dan Virgin Galactic tidak mengkomunikasikan "kecelakaan" seperti yang dipersyaratkan.

Virgin Galactic mengakhiri jeda penerbangan luar angkasanya dengan tes yang sukses pada bulan Mei lalu sehingga membuka jalan untuk misi penerbangan perdananya pada Kamis lalu. Totalnya, itu menjalankan lima penerbangan uji sebelum penerbangan komersial hari Kamis.

Didirikan pada tahun 2004, Virgin Galactic telah menjual sekitar 800 tiket untuk kursi pada penerbangan komersial masa depan -- 600 tiket di antara tahun 2005 dan 2014 seharga $200.000 hingga $250.000, dan 200 sejak saat itu masing-masing seharga $450.000.

Sumber : CNN Indonesia

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami