search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Konsumsi Enam Makanan Ini Bantu Cegah Demensia dan Kanker
Minggu, 2 Juli 2023, 11:27 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Konsumsi Enam Makanan Ini Bantu Cegah Demensia dan Kanker

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan fungsi otak manusia agar bisa berfungsi dengan maksimal dan tajam seperti dengan latihan fisik. Salah satu cara mudah lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu mengasah ketajaman otak.

Melansir CNBC International, ada banyak makanan yang dapat mendukung kesehatan otak manusia bahkan bisa sampai mencegah demensia. Seperti yang dikatakan oleh dr. Deepak Chopra yang menyarankan makanan pelangi atau dengan menambahkan tujuh jenis makanan dengan warna berbeda ke dalam variasi makanan sehari-hari.

"Makanan terbaik untuk kesehatan otak Anda adalah makanan yang memiliki keragaman maksimum dari makanan nabati, yang organik, yang memiliki tujuh warna pelangi," ujar Chopra yang juga sebagai Chief Wellness Officer di Institute for Integrative Nutrition, dikutip dari CNBC International, Sabtu (1/7/2023).

Dia mengatakan, buah dan sayuran yang memiliki warna itu mengandung senyawa fitonutrien yang mana kandungan tersebut membuat rasa dan warna dari tanaman menjadi khas dan berbeda.

Saat dimakan, fitonutrien dalam makanan nabati dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

Flavonoid, sekelompok fitonutrien yang ditemukan dalam makanan nabati berwarna-warni, juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak, pengurangan penurunan kognitif, dan mencegah demensia.

"Makanan ini memiliki jumlah mikronutrien tertinggi, yang langsung diperoleh dari energi matahari. Jadi, saat Anda mengonsumsi makanan yang memiliki tujuh warna pelangi, dan enam rasa yang saya sebutkan, Anda sebenarnya menggunakan kekuatan hidup untuk meningkatkan kesejahteraan Anda," kata Chopra.

Lantas makanan apa saja yang bisa meningkatkan dan mengasah ketajaman otak, ini dia:
- stroberi
- lemon
- almond
- cranberry
- bawang
- brokoli.

Chopra menambahkan, cara mudah mengkonsumsi enam jenis makanan tersebut adalah dengan memasukkan makanan ini dalam menu diet sehari-hari.

Seperti dengan menyajikan semangkuk stroberi, blueberry, dan cranberry untuk sarapan atau kudapan sore.

Dan untuk makan siang atau makan malam, campurkan salad berwarna-warni dari sayuran hijau, alpukat, brokoli, wortel, protein pilihan dengan menambahkan semuanya dengan almond.(sumber: cnbcindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami