search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lima Jenis Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Diabetes
Rabu, 12 Juli 2023, 16:12 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Lima Jenis Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Diabetes

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tanaman herbal memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya untuk diabetes.

Pengobatan diabetes, selain dengan obat-obatan yang diresepkan dokter memang bisa menggunakan berbagai ramuan herbal. Ramuan ini berasal dari berbagai jenis tanaman yang kemudian diracik sendiri di rumah.

Lantas, apa saja tanaman herbal yang ampuh untuk penderita diabetes? Berikut beberapa tanaman yang direkomendasikan:

Tanaman Herbal untuk Diabetes

1. Kayu manis

Kayu manis memiliki manfaat yang baik untuk penderita diabetes. Melansir Medical News Today, sebuah ulasan pada 2016 lalu menemukan bukti penelitian pada manusia bahwa kayu manis dapat meningkatkan kadar glukosa plasma puasa (FPG) atau hemoglobin A1c (HbA1c).

Kemudian, ulasan lain di 2019 menyebutkan, dari 16 penelitian ada bukti bahwa kayu manis dapat membantu mengurangi glukosa darah dan resistensi insulin pada penderita prediabetes dan diabetes tipe 2.

Untuk mengurangi diabetes Anda bisa mencampur kayu manis dalam teh atau penambah rasa pada makanan yang dipanggang.

2. Jahe

Jahe sudah digunakan untuk pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Orang sering menggunakan jahe untuk membantu mengobati masalah pencernaan dan peradangan.

Pada 2015, sebuah penelitian menemukan bahwa jahe juga dapat membantu mengobati diabetes. Para peneliti menyimpulkan bahwa jahe menurunkan kadar gula darah tetapi tidak menurunkan kadar insulin darah.

Kesimpulannya, jahe dapat mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Namun, cara jahe mencapai hal ini tidak jelas, dan tim meminta lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan tersebut.

3. Rosemary

Rosemary biasanya digunakan sebagai penambah aroma dalam masakan, terutama jenis makanan berkuah kental seperti kari. Tapi, bukan hanya itu rosemary ternyata juga bisa menurunkan menyeimbangkan kadar gula darah.

Melansir PharmEasy, rosemary memang bisa mengurangi kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

4. Ginseng

Ginseng telah digunakan selama berabad-abad dalam hal pengobatan tradisional. Ginseng diyakini memiliki kemampuan untuk menambah kekebalan tubuh dan anti-diabetes. Ginseng memang bisa mengurangi tingkat penyerapan karbohidrat dalam tubuh dan mempercepat produksi insulin di pankreas.

5. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai sumber pengobatan tradisional di sejumlah negara. Tanaman ini memang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengobati gangguan pencernaan. Perlu diketahui, peradangan sering dikaitkan dengan penyakit gaya hidup, salah satunya diabetes.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami