search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Beritabali.com Jajaki Kolaborasi dengan Bank Indonesia
Selasa, 8 Agustus 2023, 20:28 WITA Follow
image

beritabali/ist/Beritabali.com Jajaki Kolaborasi dengan Bank Indonesia.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Media online Beritabali.com melakukan audiensi ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpWBI) Provinsi Bali pada Selasa (8/8/2023), tepat sehari setelah pengukuhan Kepala KpWBI yang baru R Erwin Soeriadimadja pada Senin (7/8/2023). 

Tujuan kunjungan tim Beritabali.com ke Bank Indonesia (BI) Bali ini adalah dalam rangka perkenalan sebagai media online pertama di Bali sejak tahun 2005 sekaligus menjajaki kolaborasi dan bersinergi dalam program BI. Terutama, hal ini berkaitan dengan digitalisasi UMKM dan mendorong ekosistem non tunai.

Dalam pertemuan tersebut juga membahas perkembangan teknologi kedepan (transformasi digital) yang berpotensi dipicu oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI).   

Direktur Beritabali.com I Putu Agus Swastika mengatakan transformasi digital memang mutlak mesti dilakukan di semua ranah termasuk industri pariwisata, UMKM, dan UKM. Mau tidak mau, katanya, mereka harus mengikuti perubahan teknologi seperti misalnya dengan menggunakan transaksi non tunai karena memudahkan perilaku turis mancanegara.

"Nah, apakah kemudian munculnya teknologi AI ini akan memudahkan pekerjaan atau menjadi ancaman para pekerja, ini yang menjadi pertanyaannya," ungkapnya. 

Erwin Soeriadimadja sebelumnya bertugas sebagai Kepala BI di Sumatera Selatan dan Banten menyambut hangat tim Beritabali.com mengingat media merupakan mitra strategis pemerintah dalam menginformasikan kebijakan kepada masyarakat.

Terkait digitalisasi di Bali, ia menilai saat ini prosesnya jauh lebih bagus dari provinsi lainnya. Hal ini, kata dia membutuhkan kesiapan dan dukungan kepala daerahnya untuk aplikasi digital untuk kemudian lebih memasyarakatkan lagi.

"Tinggal bagaimana mendorong komponen dari penerimaan pemerintah daerah untuk digital sehingga penerimaan makin cepat dan juga aspek transparansi, akuntabilitas terjaga. Di masyarakat juga lebih terbiasa dengan digital. Disinilah kunci peran media massa sangat penting, baik dukungan dari kepala daerahnya," jelasnya sembari menambahkan pola pikir digital ini juga mampu mengatasi ketimpangan yang terjadi di tiap daerah.

Selain untuk pembayaran dan UMKM, digitalisasi menurutnya juga bisa dilakukan untuk pengembangan sektor pertanian dan perikanan dengan catatan ada model yang dijadikan contoh seperti Gapoktan atau kelompok nelayan yang berperan dalam mendorong ekosistem digital. 

Sementara Divisi Bisnis Beritabali.com, I Ketut Adi Sutrisna berharap kedepan dengan literasi digital khususnya dalam hal perkembangan teknologi kecerdasan buatan ini setidaknya masyarakat bisa mengetahui peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang perkembangan industri usaha.

Sebagai akhir dari pertemuan tim Beritabali.com berfoto bersama dengan Kepala dan jajaran staf KpWBI Bali sembari mengucapkan selamat bertugas kepada Erwin Soeriadimadja. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami