search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Manfaat 'Tersembunyi' Nangka Yang Jarang Diketahui
Minggu, 20 Agustus 2023, 17:38 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Manfaat 'Tersembunyi' Nangka Yang Jarang Diketahui

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Buah nangka menyimpan sejumlah hal baik untuk kesehatan. Manfaat ini berasal dari berbagai kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Nangka memiliki tekstur kulit sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan, sedangkan dagingnya berwarna kuning dan memiliki aroma yang khas.

Di dalam buah nangka memiliki kandungan kalori, lemak, karbohidrat, protein, kalsium dan vitamin. Nangka juga mengandung folat, niasin, riboflavin, potasium, dan magnesium.

Berkat kandungan beragam nutrisi tersebut, ada berbagai manfaat buah nangka yang sayang untuk dilewatkan, seperti:

1. Antioksidan

Karotenoid, pigmen yang memberi warna kuning pada buah nangka, kaya akan vitamin A. Seperti semua antioksidan, karotenoid melindungi sel dari kerusakan dan membantu tubuh bekerja dengan baik.

Melansir WebMD, antioksidan dapat membantu mencegah penyakit seperti kanker dan penyakit jantung, serta masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Saat nangka matang, kadar karotenoidnya bisa naik.

Nangka juga mengandung banyak antioksidan lain yang dapat membantu menunda atau mencegah kerusakan sel dalam tubuh Anda. Sementara daging bagian dalamnya tinggi dalam senyawa penangkal penyakit ini, bijinya mungkin mengandung lebih banyak lagi.

2. Mengobati sembelit 

Nutrisi dalam nangka dapat membantu menurunkan risiko beberapa masalah kesehatan, termasuk sembelit.

Nangka adalah sumber serat yang baik, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menjaga agar buang air besar tetap teratur.

3. Mencegah diabetes naik

Tubuh Anda mencerna dan menyerap nangka lebih lambat daripada beberapa makanan lainnya. Itu berarti gula darah Anda tidak akan naik secepat saat Anda makan buah lain.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak nangka memudahkan penderita diabetes untuk mengontrol gula darahnya.

4. Tekanan darah tinggi

Kalium dalam buah tropis ini dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan pengeroposan tulang.

5. Menjaga kulit awet muda

Jumlah vitamin C yang tinggi dalam nangka dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Anda membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga kulit tetap kencang, elastis dan awet muda.

6. Kanker

Fitonutrien, seperti yang ditemukan dalam nangka, adalah senyawa alami yang mungkin bermanfaat melawan kanker, seperti mencegah pembentukan sel kanker di tubuh Anda.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami