search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Inovasi Three in One Pro UMKM Kecamatan Abang, Proyek Percontohan di Karangasem
Sabtu, 26 Agustus 2023, 16:08 WITA Follow
image

beritabali/ist/Inovasi Three in One Pro UMKM Kecamatan Abang, Proyek Percontohan di Karangasem.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Kecamatan Abang, Karangasem meluncurkan inovasi "Three in One Pro UMKM Kecamatan Abang" pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 di Aula Kantor Camat Abang.

Ini merupakan proyek percontohan perdana di Karangasem dalam upaya mempercepat pertumbuhan UMKM. 

Camat Abang, Artha Negara menerangkan, inovasi "Three In One Pro UMKM Kecamatan Abang ini bertujuan untuk memfasilitasi pemasaran, perizinan, dan penjualan produk lewat aplikasi online PEKENAN milik Pemkab Karangasem.

Dengan memadukan teknologi dalam pemasaran produk UMKM ini, diharapkan pelaku UMKM khususnya  di Kecamatan Abang bisa lebih cepat maju dan berkembang. 

Dalam penerapannya, setiap Desa di Kecamatan abang akan didorong untuk memiliki masing-masing satu produk unggulan yang mantinya akan dimasukkan ke dalam inovasi tersebut.

"Jika itu terlaksana akan ada 14 Produk unggulan yang dimiliki kecamatan Abang dari 14 Desa yang ada. Kemudian setiap produk unggulan ini kita akan dorong dan membantu fasilitasi agar masuk ke dalam inovasi ini," katanya. 

Untuk diketahui, produk UMKM  yang masuk dalam inovasi "Three in One Kecamatan Abang" diantaranya Desa Culik dengan produk Lengis Tandusan, Desa Abang dengan produk Kerajinan Batok Kelapa, Desa Tiyingtali dengan produk Krupuk Lele, Desa Tista dengan produk Stik Singkong, Desa Ababi dengan produk olahan Cabe (aneka Sambal), Desa Bunutan Produk Anyaman Bambu dan Rotan, Desa Kesimpar produk Dodol Ketan, Desa Datah produk Anyanan lontar, Desa Nawakerti Produk Jahe Merah, Desa Pidpid VCO, Desa Kerta Mandala Produk Anyaman Ingka. 

Sementara itu, Ida Ayu Wayan Sri Sukeni salah satu pelaku UNKM di Kecamatan Abang mengaku sangat antusias program "Three in One UMKM Kecamatan Abang" ini. Ia sangat berterimakasih karena sudah memfasilitasi usahanya khususnya dalam pemasaran agar lebih dikenal oleh calon pembeli.

"Program ini tentunya sangat terbantu kami dalam promosi dan penjualan lewat online Pekenan Karangasem. Semoga nantinya ada lebih banyak pembeli yang pesen lewat aplikasi ini," kata Sri. 

Di sisi lain, Sekcam Abang Putu Agus Teja berharap inovasi ini terus  berkembang dan disempurnakan secara berkelanjutan. Ruang Promosi Pro UMKM (Rosi Pro UMKM) baik dalam bentuk fisik maupun online melalui Medsos ( FB & IG) dan Web Kecamatan Abang diharapkan terus berkembang dan disempurnakan secara berkelanjutan serta mencakup produk pelaku usaha/ UMKM yang lebih luas di Kecamatan Abang.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami