search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pelinggih Pura Dadia di Karangasem Terbakar, Ini Alasan Warga Tak Panggil Pemadam
Senin, 18 September 2023, 11:40 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pelinggih Pura Dadia di Karangasem Terbakar, Ini Alasan Warga Tak Panggil Pemadam.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Percikan api yang berasal dari pembakaran sampah warga diduga menjadi pemicu peristiwa kebakaran yang menghanguskan tiga pelinggih di Pura Dadia Pasek Gelgel di Banjar Dinas Cutcut, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem pada Minggu (17/9/2023) sore. 

Perbekel Desa Ban, I Gede Tamu Sugiantara mengatakan, tiga pelinggih yang hangus terbakar tersebut diantaranya Pelinggih Rong 2, Rong 3 dan pelinggih Gedong. Ketiga pelinggih yang terbakar ini terbuat dari kayu sehingga membuatnya mudah terbakar. 

"Terkait penyebab kebakaran kemungkinan karena ada masyarakat yang membakar sampah di sekitar lokasi dan ditinggalkan, karena lahan yang ada disana sangat kering dan angin berhembus kencang membuat api merembet dan mengenai bangunan Pura," kata Sugiantara. 

Sementara itu, peristiwa kebakaran ini tidak dilaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem lantaran lokasinya pura yang sangat jauh. Karena meski dilaporkan, diperkirakan ketika Damkar tiba di lokasi pasti sudah terbakar habis. 

Untuk penangananya sendiri dilakukan secara manual oleh masyarakat sekitar. Warga yang datang lebih fokus menyelamatkan Pelinggih yang lain agar kebakaran tidak merembet kebangunan lainnya. Akibat musibah tersebut, kerugian yang dialami pihak pengempon diperkirakan mencapai Rp50 juta.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami