search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Antisipasi Penumpukan Sampah, DLH Tabanan Tambah Dua Unit Truk
Selasa, 19 September 2023, 10:12 WITA Follow
image

beritabali/ist/Antisipasi Penumpukan Sampah, DLH Tabanan Tambah Dua Unit Truk.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Setelah membeli dua unit alat berat di TPA Mandung, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan, pada September 2023 juga menambah dua unit truk angkutan pengangkut sampah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan I Gusti Putu Ekayana, menyebutkan saat ini DLH Tabanan memiliki sebanyak 25 unit armada truk. Namun dari 25 unit itu, 3 unit tidak beroperasi karena dalam kondisi rusak. 

"Sehingga unit armada yang beroperasi sebanyak 22 unit, karena tiga unit rusak berat sejak beberapa waktu lalu. Ini untuk melayani pengangkutan sampah di wilayah Kota Tabanan dan sekitarnya," jelasnya Senin (18/9). 

Dengan jumlah tersebut, Ekayana menyebutkan pada bulan September 2023 ini, memang ada penambahan armada truk baru. Sebanyak dua unit dengan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar yang berasal dari APBD Induk tahun 2023. 

Meskipun sudah diadakan, namun Ekayana mengakui jika truk ini belum bisa dioperasikan, karena masih harus melalui beberapa proses administrasi dan pengujian. 

"Kemungkinan truk ini akan dioperasikan pada bulan Oktober mendatang," ujarnya. 

Adapun alasan kenapa DLH melakukan penambahan armada ini, selain untuk mengamankan sistem pengangkutan ketika ada armada yang rusak, penambahan ini dilakukan untuk mengatasi penguraian sampah di banyak titik pasca dilakukannya pembongkaran beberapa TPS di Kota Tabanan.

"Saat ini, kondisinya banyak titik penumpukan sampah di wilayah Kota Tabanan, hal ini disebabkan karena beberapa TPS di wilayah kota di bongkar, sehingga masyarakat tidak memiliki lagi tempat pembuangan sementara," terangnya. 

Karena kondisi ini, diakui Ekayana jalur pengangkutan sampah di Kota Tabanan menjadi lebih panjang, sehingga diperlukan tambahan jumlah armada dan SDM mengingat rute pengangkutan sampah semakin meluas di Tabanan khusus wilayah perkotaan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami