search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kaesang Gerilya Dekati Relawan Jokowi: Peta Politik Sudah Berubah
Kamis, 28 September 2023, 06:46 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kaesang Gerilya Dekati Relawan Jokowi: Peta Politik Sudah Berubah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendekati sejumlah organisasi relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kaesang pun telah menyambangi markas Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP).

Putra bungsu Jokowi itu mengatakan kelompok relawan menjadi salah satu motor penggerak politik nasional dalam beberapa tahun terakhir.

"Politik kan sekarang sudah sedikit berbeda ya daripada yang dulu, dulu. Sekarang banyak politik ini digerakkan sebenarnya oleh relawan-relawan," ujar Kaesang di markas Bara JP, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (27/9).

Dengan alasan tersebut, Kaesang mengaku akan melakukan safari politik ke para relawan Jokowi terlebih dahulu sebelum ke partai-partai politik.

Saat ditanya apakah hal tersebut merupakan arahan Jokowi, ia menampik. Menurutnya, ide tersebut muncul dari diskusi bersama Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

"Ini kan peta politik Indonesia sekarang sudah berubah. Jadi, ini jalan pertama kami lah sowan ke relawan-relawan Pak Presiden. Ini sebenarnya diskusi saya dengan Pak Sekjen. Enggak ada (perintah Jokowi)," ujarnya.

Setelah mendatangi relawan Jokowi, Kaesang mengaku akan menyambangi partai politik. Salah satu partai yang sudah direncanakan akan didatangi, yakni Perindo.

"Ya pasti (menyambangi parpol). Seperti saya kemarin katakan, saya sudah ketemu Pak Ketum Perindo Hary Tanoe Soedibjo," katanya.

"Saya sudah izin waktu ke sana, dia sangat open kapan pun beliau akan menerima kami teman-teman dari PSI untuk sowan ke Perindo. (Ke PDIP) ya, semuanya, kan di atur, ya satu satu ," imbuhnya.

Sebelumnya, Kaesang sudah pernah meminta relawan Jokowi yang belum terafiliasi dengan partai tertentu untuk mendukung PSI.

"Dengan kerendahan hati, saya minta dukungan relawan dan pendukung Pak Jokowi agar membuat PSI menjadi rumah perjuangan bersama, rumah yang ramah untuk para nasionalis muda demi Indonesia maju," katanya setelah resmi menjadi ketum PSI, Senin (25/9).

Kaesang pun mengingatkan soal baju kotak-kotak ala Jokowi. Menurutnya, baju itu merupakan simbol lahirnya gerakan relawan dalam peta politik Indonesia dan persatuan antar kelas sosial sederhana.

PSI Jatim dukung Prabowo

Sementara itu, Ketua DPD PSI Jatim Teguh Cahyadin (Gus Din) meyakini Ketua Umumnya yang baru, Kaesang Pangarep, akan segera menyatakan dukungan kepada bakal capres Prabowo Subianto.

"Kalau usulan PSI Jatim ke Pak Prabowo ya karena faktor beberapa hal. Yang pertama beberapa kiai sama gus-gus itu sepakat untuk mendukung Pak Prabowo," kata Gus Din saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (27/9).

Gus Din menilai Prabowo paling siap mengikuti Pilpres 2024 dibandingkan calon-calon lain. Ia berharap aspirasi dari pengurus Jatim diterima oleh Kaesang.

"Mungkin Mas Kaesang sudah paham lah apa yang menjadi ruang pemikirannya DPD PSI masing masing provinsi. Mas Kaesang sangat bisa meraba apa yang menjadi kerja sama secara kepartaian," ujarnya.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami