search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Deretan Kesenian dan Lomba yang Tampil di Besakih Festival 2023
Sabtu, 23 Desember 2023, 17:23 WITA Follow
image

beritabali/ist/Deretan Kesenian dan Lomba yang Tampil di Besakih Festival 2023.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Besakih Festival Tahun 2023 yang diselenggarakan berkat kerja sama antara Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Pura Besakih bersama Desa Dinas dan Desa Adat setempat resmi dibuka hari ini, Sabtu (23/12/2023) oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana. 

Dalam acara pembukaan ini, sejumlah kegiatan dan kesenian ditampilkan seperti gender, tari - tarian, lomba membuat gebogan, lomba penjor serta mengenalkan UMKM yang ada di Desa Besakih. 

Usai pembukaan, Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Pura Agung Besakih, I Gusti Lanang Muliarta mengungkapkan, Besakih Festival Tahun 2023 merupakan kegiatan yang baru pertama digelar sebagai wujud sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Desa Besakih, Desa Adat Besakih, dan Badan Pengelola.

"Untuk kegiatan yang dilaksanakan mencakup segala aspek, mulai dari pengembangan dan pelestarian seni budaya, aktivitas sosial, edukasi, dan spiritual serta pengembangan UMKM lokal hingga olahraga," kata Muliarta. 

Besakih Festival Tahun 2023 akan dimulai pada 23 hingga 26 Desember 2023 mendatang. Adapun rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai 4 Desember 2023 berupa kegiatan edukasi melalui Kompetisi Matematika IPA, IPS Tingkat Sekolah Dasar se-Kecamatan Rendang. Rangkaian kegiatan olahraga berupa eksebisi bulu tangkis, turnamen futsal, dan turnamen voli dilaksanakan pada 19 sampai dengan 25 Desember 2023.

"Spiritnya kreativitas, ternyata Desa Besakih itu memendam potensi yang luar biasa, kita akan gali lagi kedepanya, selain itu spiritnya semangatnya untuk persiapan dari adat dan dinas itu luar biasa saya sangat terharu sekali,  nantinya ini juga kita jadikan sebagian uji coba training sejauh mana kesiapan kita untuk mengelola kegaiatan seperti ini," terang Muliarta. 

Sentara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana sangat mengapresiasi dan mendukung serta berharap agar Besakih Festival dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Menurutnya, kegiatan Besakih Festival sebagai upaya kreatif dalam rangka pelestarian seni budaya dan promosi pariwisata yang ada di Desa Besakih. 

"Kita apresiasi dan sangat mendukung kegiatan ini, semoga kedepan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai upaya pelestarian dan promosi pariwisata Karangasem," ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami