search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Testimoni Pemerhati Cokelat Saat Mengunjungi Rumah Produksi Bersama Jembrana
Rabu, 7 Agustus 2024, 09:10 WITA Follow
image

beritabali/ist/Testimoni Pemerhati Cokelat Saat Mengunjungi Rumah Produksi Bersama Jembrana.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Rumah Produksi Bersama (RPB) yang memproduksi cokelat dari biji kakao petani Jembrana semakin menarik perhatian penggemar cokelat. Biji kakao Jembrana dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Seperti yang dilakukan seorang pemerhati cokelat dari Tangerang, Pratiwi mengunjungi RPB di Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Senin (5/8/2024). 

"Biji kakao Jembrana terkenal berkualitas tinggi di pasar Eropa, meski selama ini dominan dari Amerika Latin," ujarnya.

Pratiwi menghubungi koperasi pengelola RPB untuk menyaksikan langsung proses produksi dari awal hingga akhir. "Proses produksinya efektif dan efisien, serta menyerap tenaga kerja lokal," tambahnya.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menjelaskan bahwa pembangunan RPB cokelat adalah upaya meningkatkan potensi pertanian Jembrana, khususnya kakao. 

"Kakao Jembrana dikenal dunia sebagai biji berkualitas terbaik, sehingga harus dikelola dengan baik dari hulu ke hilir," terangnya.

Pemerintah Pusat mendukung langkah Bupati Tamba dengan mengalokasikan anggaran dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk RPB. Selain itu, Pemkab Jembrana menjalin kerja sama dengan Puslit Kopi & Kakao Indonesia melalui MoU yang ditandatangani Bupati Tamba dan Kepala Puslit Kopi & Kakao Indonesia, Dini Astika Sari, pada 2022.

Produk cokelat dari kakao Jembrana sudah diterima pasar dengan baik, menunjukkan keberhasilan Pemkab Jembrana dalam mengembangkan komoditi unggulan ini. Atas prestasinya, Jembrana telah meraih sejumlah penghargaan. 

Bupati Tamba berkomitmen menjadikan kakao sebagai produk unggulan Jembrana. "Bukan hanya sebagai produk mentah, tetapi juga produk olahan cokelat dengan nilai jual lebih tinggi," tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: Humas Jembrana



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami