search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
24 Juta Wisatawan ke Bali 2025, Badung Fokus Pemetaan Potensi Pendapatan
Sabtu, 14 September 2024, 09:50 WITA Follow
image

beritabali/ist/24 Juta Wisatawan ke Bali 2025, Badung Fokus Pemetaan Potensi Pendapatan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Tren kunjungan wisatawan ke Bali menunjukkan peningkatan signifikan. Pemerintah Kabupaten Badung (Pemkab Badung) saat ini tengah melakukan pemetaan potensi pemasukan ke kas daerah, sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan pendapatan dari sektor pariwisata.

Dalam rangka memproyeksikan kunjungan wisatawan pada tahun 2025, Pemkab Badung baru-baru ini mengadakan rapat koordinasi dengan PT Angkasa Pura/In Journey Airports. Pertemuan ini bertujuan untuk memastikan data proyeksi kunjungan wisatawan domestik maupun internasional ke Bali, khususnya Kabupaten Badung.

“Kami bertemu dengan pihak Angkasa Pura untuk memastikan data proyeksi kunjungan wisatawan ke Bali, khususnya Kabupaten Badung. Kami ingin mengetahui pergerakan turis yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai agar bisa digunakan sebagai acuan dalam memaksimalkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata,” jelas Penjabat Sekda Badung, Ida Bagus Surya Suamba.

Menurut Ida Bagus Surya Suamba, data yang diperoleh menunjukkan bahwa diperkirakan sekitar 7 juta wisatawan akan berkunjung ke Bali pada tahun 2024. Informasi ini akan digunakan untuk melanjutkan koordinasi lebih lanjut dengan Kantor Imigrasi, guna memahami rata-rata lama tinggal wisatawan mancanegara di Bali, khususnya di Kabupaten Badung.

Data terbaru dari Angkasa Pura menunjukkan bahwa selama periode Januari hingga Agustus 2024, Bandara I Gusti Ngurah Rai telah melayani 15.825.299 wisatawan, terdiri dari 6.576.851 wisatawan domestik dan 9.248.448 turis internasional. Rata-rata kedatangan harian mencapai 64.857 wisatawan, dengan jumlah penerbangan domestik dan internasional sebanyak 93.575.

Airport Aeronautical Manager Angkasa Pura Bandara Ngurah Rai, I Wayan Arjana, mengungkapkan, turis asal Australia menduduki posisi pertama dengan jumlah lebih dari 1 juta orang, diikuti oleh India dengan 347.469 orang, China dengan 326.431 orang, Britania Raya dengan 202.856 orang, dan Korea Selatan dengan 192.728 orang. Data ini mencerminkan tren kunjungan dari Januari hingga Agustus 2024.

Lebih lanjut, proyeksi untuk tahun 2025 menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali melalui bandara diperkirakan mencapai sekitar 24 juta orang. Angka ini mencerminkan pertumbuhan yang sangat signifikan dan menegaskan pentingnya perencanaan strategis dalam mengelola dan memaksimalkan potensi pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Dengan informasi ini, Pemkab Badung berkomitmen untuk terus melakukan koordinasi dan penyesuaian strategi guna memastikan bahwa potensi kunjungan wisatawan dapat dioptimalkan secara maksimal untuk kepentingan daerah.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami